Home > Berita Piala Dunia > Kualifikasi Piala Dunia > Laga Brasil vs Argentina Dihentikan Karena Melanggar Protokol Kesehatan

Laga Brasil vs Argentina Dihentikan Karena Melanggar Protokol Kesehatan

Sao Paulo – Laga yang mempertemukan Brasil dan Argentina di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL terpaksa dihentikan saat pertandingan baru berjalan sekitar enam menit.

Brasil dijadwalkan bertanding melawan Argentina di Neo Quimica Arena, Senin (6/9/2021) dini hari WIB.

Namun saat laga baru berlangsung enam menit, sejumlah petugas dari Badan Pengawasan Kesehatan Nasional Brasil (ANVISA) dan aparat berwenang memasuki lapangan untuk menghentikan.

Laga terpaksa dihentikan karena ada empat pemain Argentina yang diduga melanggar protokol kesehatan, karena memberikan informasi palsu terkait formuli orang asing yang memasuki wilayah Brasil.

Keempat pemain tersebut yakni Giovani Lo Celso, Cristian Romero, Emiliano Buendia, dan Emiliano Martinez. Keempatnya berasal dari klub Premier League.

Berdasarkan peraturan kesehatan pemerintah Brasil, pendatang yang berasal dari Inggris, Afrika Selatan, Irlandia Utara, dan India harus menjalani karantina mandiri terlebih dahulu selama 14 hari, sebelum menjalani aktivitas.

Sedangkan keempat pemain tersebut diketahui berangkat dari Inggris, dan baru tiga hari berada di Brasil.

Menurut keterangan Presiden ANVISA, Barra Torres, keempat pemain Argentina tersebut telah memberikan keterangan palsu saat mengisi formulir pendatang.

“Apa yang terjadi? Para pemain ini, setelah tiba di wilayah Brasil, menyerahkan sebuah dokumen yang merupakan pernyataan kesehatan pelancong. Dalam dokumen itu disebutkan mereka tidak melalui tiga negara, yaitu Inggris, Afrika Selatan, dan India,” ungkap Torres.

“Kedatangan dari tiga negara itu dibatasi melalui keputusan menteri yang ditandatangani oleh tiga menteri, . . . Gabung . . . Kesehatan, Kehakiman, dan Gedung Sipil. Yang terjadi adalah setelah diverifikasi melalui paspor, para pemain tersebut melewati Inggris,” jelas Torres.

CONMEBOL sendiri telah mengizinkan keempat pemain Argentina tersebut untuk melakukan perjalanan ke Brasil dan tak harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

Namun pihak ANVISA menganggap undang-undang nasional berada di atas peraturan CONMEBOL, sehingga keempat pemain Argentina tersebut harus menjalani karantina selama 14 hari, atau dideportasi ke negara tempat mereka berangkat, yakni Inggris.

Setelah sempat tertahan selama 60 menit, CONMEBOL akhirnya memutuskan untuk menunda laga Brasil vs Argentina hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Berdasarkan keputusan wasit, pertandingan yang dikelola oleh FIFA antara Brasil dan Argentina untuk Kualifikasi Piala Dunia diputuskan ditunda,” demikian pernyataan resmi CONMEBOL.

“Wasit dan komisaris pertandingan akan menyerahkan laporan kepada FIFA Disciplinary Committee, yang akan menentukan langkah-langkah berikutnya. Prosedur ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku,” sambungnya.

“Kualifikasi Piala Dunia adalah kompetisi FIFA. Setiap keputusan terkait organisasi dan pengembangannya adalah hak eksklusif dari lembaga tersebut,” tutupnya.

x

Check Also

Prediksi Kolombia vs Argentina 9 Juni 2021

Kolombia dan Argentina akan berduel di Estadio Metropolitano Roberto Melendez dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan, Rabu ...