Home > Berita Liga Spanyol > Sulit Gantikan Messi, Aguero Dan Depay Belum Mampu

Sulit Gantikan Messi, Aguero Dan Depay Belum Mampu

Liga Spanyol 2021-2022 dimulai pada Jumat (13/8/2021) waktu setempat. Pertandingan pertama mempertemukan Valencia dan Getafe yang berlangsung pada Jumat (13/8/2021) waktu setempat atau Sabtu pukul 02.00 WIB. Tapi, kelihatannya tidak semua tim Liga Spanyol siap untuk menghadapi kompetisi musim 2021-2022. Salah satu klub yang mungkin akan cukup kesulitan menghadapi Liga Spanyol musim ini adalah Barcelona.

Pasalnya, Barcelona baru saja kehilangan mantan kapten sekaligus megabintang mereka, Lionel Messi. Messi hijrah ke Paris Saint-Germain setelah gagal memperbarui kontraknya di Barcelona. Barcelona terbentur aturan pengaturan margin tagihan gaji yang sudah ditetapkan oleh Liga Spanyol. Alhasil, untuk pertama kalinya dalam 16 tahun, Barcelona tidak akan diperkuat Messi di ajang Liga Spanyol.

Padahal, La Pulga selama ini menjadi sosok sentral di balik kesuksesan Blaugrana. Menurut data Transfermarkt, Messi hampir selalu menjanjikan minimal 40 gol per musim bagi Barcelona. Messi hanya tidak mencetak 40 gol dalam tiga musim pertamanya untuk Barcelona, yaitu pada 2004-2005, 2005-2006, dan 2006-2007. Selain itu, Messi juga sudah mempersembahkan 10 gelar Liga Spanyol dan empat gelar Liga Champions untuk Barcelona.

Kepergian Messi jelas akan meninggalkan lubang yang sangat besar dalam skuad Barcelona. Barcelona berusaha untuk menambal lubang besar itu dengan mendatangkan dua penyerang anyar. Kedua penyerang itu adalah Memphis Depay dari Olympique Lyon dan Sergio Aguero dari Manchester City. Depay tampil bagus semenjak bergabung dengan Lyon dari Manchester United pada pertengahan musim 2016-2017.

Bahkan, penyerang asal Belanda itu juga menjabat sebagai kapten Lyon pada musim lalu. Depay mencatatkan 178 penampilan untuk Lyon dengan catatan 76 gol dan 55 assist di berbagai kompetisi. Raihan Depay itulah yang membuatnya . . . Gabung . . . direkrut oleh Barcelona pada bursa transfer musim panas ini. Sementara itu, Aguero memang tampil kurang bagus pada musim terakhirnya bersama Manchester City.

Musim lalu, Aguero hanya bermain 21 kali di semua kompetisi untuk Manchester City. Penyerang asal Argentina itu juga hanya mencatatkan enam gol dan satu assist selama musim 2020-2021. Tapi, status Aguero sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Manchester City dengan 260 gol dari 390 pertandingan perlu dipertimbangkan. Ronald Koeman selaku pelatih Barcelona kelihatannya bisa mengharapkan agar Aguero kembali ke bentuk terbaiknya.

Walau begitu, bisa dibilang catatan Aguero dan Depay tidak akan pernah mampu menyaingi Messi. Dari segi trofi, Aguero mungkin bisa sedikit bangga dengan raihannya di Manchester City. Aguero mendapatkan lima trofi Liga Inggris selama berseragam biru langit satu dekade. Tapi, Aguero belum pernah sama sekali mencicipi trofi paling bergengsi di Eropa, yakni Liga Champions.

Sementara itu, Depay boleh saja menjadi andalan dan pemain kunci di Olympique Lyon. Tapi, Depay belum pernah sekali pun memberikan trofi untuk Lyon, baik di tingkat domestik maupun Eropa. Perbandingan prestasi itu mungkin bisa menjadi alarm bagi Barcelona untuk ke depannya. Sekalipun mendatangkan sejumlah pemain bintang, Barcelona mungkin tidak akan pernah bisa lepas dari sosok Messi.

x

Check Also

Tidak Mau Jadi Beban Klub Lamanya Radamel Falcao Kembali Bermain Ke La Liga

Spanyol – Penyerang asal Kolombia,Radamel Falcao baru saja gabung Rayo Vallecano dengan status bebas transfer. ...