Home > Berita Liga Spanyol > Sekalipun Messi Tidak Ambil Gaji, Tetap Saja Tidak Bisa Perkuat Barcelona

Sekalipun Messi Tidak Ambil Gaji, Tetap Saja Tidak Bisa Perkuat Barcelona

Kalau memang sebegitu mencintai Barcelona, kenapa Lionel Messi tidak bermain tanpa digaji saja? Itu menjadi pertanyaan besar yang sedang bernaung di benak beberapa penikmat sepak bola saat ini. Lionel Messi akhirnya meninggalkan Camp Nou setelah hampir dua dekade memperkuat Barcelona. Sedihnya, Messi tidak bisa menyandang status pemain termahal karena pergi dengan status bebas transfer.

Seperti yang diketahui, Messi sudah menyandang status tanpa klub sejak awal bulan Juli lalu karena kontraknya berakhir. Tapi baik Messi dan Barcelona percaya kalau kerja sama bisa berlanjut dengan kontrak baru. Hanya saja, Barcelona tersangkut regulasi salary cap yang sudah ditetapkan La Liga. Beban gaji mereka sudah melampaui batas dan Barcelona sudah berusaha membujuk La Liga agar bersedia melonggarkan aturannya. Tapi, La Liga menolak.

Baca Juga : Para Fans Berkomentar Usai Konpers Lionel Messi

Barcelona dihadapkan dengan jalan buntu. Messi sudah bersedia memangkas gajinya sampai 50 persen agar bisa bertahan di Camp Nou. Sedihnya, raksasa Spanyol itu tetap akan melanggar batas gaji kalau merekrutnya kembali. Pada akhirnya, kedua belah pihak harus mengambil jalan yang paling pahit: berpisah. Barcelona mengumumkan keputusan itu beberapa hari yang lalu dan membuat banyak orang terkejut.

Karena, beberapa laporan menyebutkan kalau Barcelona akan mengikat Messi dengan kontrak baru di pekan kemarin. Kalau memang salary cap menjadi kendala, kenapa juga Messi hanya memangkas gajinya 50 persen. Kalau sesetia itu, kenapa tidak membela . . . Gabung . . . Barcelona secara sukarela saja? Dalam artian, Messi tidak perlu menerima bayaran dari mereka.

Dan, Messi sudah menikmati gaji setinggi langit yang diterima dalam kontrak sebelumnya berdurasi lima tahun. Selain itu, ia juga memiliki pemasukan lain dari endorsemen produk papan atas. Tapi, apakah mungkin Messi mengikat kontrak dengan Barcelona tanpa bayaran?

Ternyata tidak. Colin Millar, Jurnalis the Mirror, menegaskan kalau Messi tidak terikat kontrak tanpa bayaran dengan Barcelona ataupun klub lain di Spanyol. Lagi-lagi tersangkut oleh regulasi. Aturan hukum di Spanyol mengatakan kalau kontrak baru dalam bentuk apapun membutuhkan gaji minimal 50 persen dari perjanjian sebelumnya. Regulasi ini ditetapkan untuk menghindari manipulasi keuangan.

“Secara hukum, tidak mungkin bagi Lionel Messi untuk bermain secara gratis di Barcelona. Setiap kontrak baru, menurut hukum Spanyol, diharuskan minimal 50 persen dari upah sebelumnya (ini berlaku untuk menghindari manipulasi keuangan,” tulis Millar lewat akun media sosialnya.

Mungkin, aturan ini juga yang membuat Messi tidak bisa tampil dalam pertandingan pramusim Joan Gamper Trophy melawan Juventus pada hari Senin (9/8/2021). Walau pertandingannya bersifat tidak resmi.

x

Check Also

Ini Yang Bisa Dipelajari Dari Laga Kemenangan Real Madrid Atas Celta Vigo

Jakarta – Real Madrid meraih kemenangan telak 5-2 atas Celta Vigo. Kemenangan tersebut berhasil diraih ...