Home > Berita Bola > PSG Yakin Bisa Satukan Messi-Ronaldo? 3 Tim Sudah Gagal

PSG Yakin Bisa Satukan Messi-Ronaldo? 3 Tim Sudah Gagal

Isu megaproyek penyatuan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo oleh PSG sedang bergulir kencang. PSG sendiri berhasil bikin gebrakan pada bursa transfer musim panas 2021 setelah membawa Lionel Messi. Sang megabintang Argentina mendarat di raksasa Prancis dengan status bebas transfer setelah tidak bisa memperpanjang kontraknya bersama Barcelona.

Sukses membawa Messi, PSG diberitakan berencana mengangkut Cristiano Ronaldo lewat jalur serupa, gratisan. Kontrak CR7 di Juventus akan kedaluwarsa pada 2022. Artinya, kalau tidak ada kesepakatan soal perpanjangan kontrak, tim manapun bisa membawa Ronaldo tanpa biaya transfer.

PSG berambisi menduetkan dua pemain super berlabel gratisan, bisakah? Dilihat dari kisah pada masa lalu, ada tiga klub yang nyaris mempersatukan Messi dan Ronaldo.

Arsenal

Saat masa kepelatihan Arsene Wenger, tepatnya pada 2003, Arsenal hampir menciptakan tim super. Sang nakhoda meminta klub untuk membeli pemuda berumur 18 tahun bernama Ronaldo dari Sporting CP. Pada tahun yang sama, ia berusaha mengangkut Messi dari akademi Barcelona alias La Masia. Tapi, dua pemain idaman Wenger batal mendarat gara-gara pergerakan lambat The Gunners dalam melakukan pendekatan.

“Saya nyaris mendapatkan Ronaldo. Andai saja terwujud, itu akan mengubah sejarah Arsenal,” kata Wenger.

“Begitu juga dengan Messi karena kami tertarik dengan dia,” katanya menambahkan.

Kalau saja transfer Messi dan Ronaldo jadi kenyataan, lini depan Arsenal dipastikan mematikan.

Barcelona

Barcelona mencari tandem sepadan untuk Messi usai meraih treble pada musim 2008-2009. Pilihan mereka pun jatuh pada Ronaldo . . . Gabung . . . yang saat itu berseragam Manchester United. Pelatih United, Sir Alex Ferguson, juga sempat menawarkan Ronaldo ke raksasa Catalunya. Tapi, Ronaldo memilih jalannya sendiri untuk bergabung ke Real Madrid.

“Beberapa pekan terakhir menjelang kesepakatan terwujud, Fergie sempat berusaha mencegah Ronaldo pergi ke Madrid dan menawarkan sang pemain ke Barca. Tapi, Ronaldo dengan tegas mengatakan ingin ke Real Madrid,” kata Presiden Los Blancos periode 2006-2009, Ramon Calderon.

Real Madrid

Bisa bayangkan Ronaldo berkolaborasi dengan Messi di Real Madrid? Pasti akan sangat dahsyat! El Real nyaris mewujudkan duet mematikan itu. Alkisah, pada 2013 atau empat tahun setelah mendatangkan Ronaldo, Madrid coba membajak Messi dari Barcelona. Media Der Spiegel mengapungkan cerita tentang pertemuan antara Presiden Madrid, Florentino Perez, dan Messi di dalam sebuah jet pribadi.

Kubu Madrid diklaim mengajukan mahar 250 juta euro atau sekitar Rp 4 triliun untuk membayar klausul pelepasan sang superstar. Karena satu dan lain hal, Messi tidak pergi dari Barca saat itu.

 

 

x

Check Also

Jepang Mundur, Afrika Selatan Ingin Gantikan Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub 2021

Jakarta – Pada pekan lalu, Jepang mundur sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021. Tuan ...