Home > Berita Liga Indonesia > Madura United > Presiden Madura United Sarankan Operator Kompetisi Adalah Perusahaan Independen

Presiden Madura United Sarankan Operator Kompetisi Adalah Perusahaan Independen

Bangkalan – Presiden klub Madura United, Achsanul Qosasi, dengan tegas mengaku tidak setuju bila kontestan Liga 1 menjadi pemilik saham dari operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Seperti diketahui, saat ini 18 klub Liga 1 menjadi pemegang 99 persen kepemilikan saham PT LIB. Sementara PSSI hanya memiliki 1 persen saham yang berstatus golden share.

Menurut Achsanul Qosasi, seharusnya operator kompetisi dipegang oleh perusahaan profesional yang independen.

Hal tersebut disampaikan Achsanul Qosasi saat menjadi salah satu pembicara di acara diskusi bertema “Di Manakah Posisi Sepak Bola Indonesia Saat Ini?”

“Saya orang yang paling tidak setuju apabila klub memiliki saham di PT Liga Indonesia Baru (LIB),” kata Achsanul Qosasi di Pancoran Soccer Field, Jakarta Selatan, Rabu (25/8/2021).

“Silakan putar kompetisi, tunjuk perusahaan yang kredibel melalui lelang. Kalau tidak benar, mereka tinggal diganti saja,” lanjutnya.

PSSI harus mencari operator yang bisa bekerja profesional dalam menyiapkan kompetisi dan siap memberikan dana besar.
Achsanul Qosasi memperkirakan, nilai kompetisi sepak bola di Indonesia bisa mencapai Rp 450 miliar . . . Gabung . . . dari Emtek selaku pemegang hak siar.

Achsanul bahkan memperkirakan perputaran uang di kompetisi sepak bola Indonesia bisa mencapai Rp 1 triliun per tahunnya.

Karena itu, PSSI harus mampu mengelola dana sebesar itu untuk program pengembangan sepak bola. Salah satunya adalah membiayai kompetisi amatir yang tidak memiliki nilai komersial.

“Klub adalah artis. PSSI yang menyiapkan panggungnya. Operator kompetisi ini sebagai EO (event organizer) yang menjalankan saja,” ujar Achsanul Qosasi .

“Silakan dilelang, kita cari siapa yang bisa memberikan uang besar kepada PSSI dari penjualan nilai kompetisi,” lanjutnya.

“Sehingga, uang ini untuk penyelenggaraan kompetisi amatir yang tidak bisa komersial. Karena, ini beban berat,” tuturnya.

x

Check Also

Pasca Operasi, Andik Rendika Rama Mulai Bermain Kembali Bersama Skuad Madura United

Bangkalan – Bek sayap Madura United, Andik Rendika Rama, sudah terlihat bergabung bersama skuad Laskar ...