Home > Berita Bola > Perbedaan Messi Ronaldo Masa Muda, Messi Pernah Juara Olimpiade Lalu Ronaldo Apa?

Perbedaan Messi Ronaldo Masa Muda, Messi Pernah Juara Olimpiade Lalu Ronaldo Apa?

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu dikomparasikan terkait pencapaian mereka ihwal jumlah gol, rekor, ataupun trofi. Juli tahun ini, Messi berhasil memecah telur dengan memenangi gelar akbar pertama untuk timnas Argentina senior. Sang manusia rekor Barcelona membawa Albiceleste kampiun Copa America 2021 dengan mengalahkan Brasil di final.

Messi juga menuntaskan kejuaraan elite antarnegara Amerika Selatan sebagai top scorer dan pemain terbaik turnamen. Gelar pemuas dahaga level kontinental itu membuat Messi menyusul Ronaldo, yang 5 tahun sebelumnya membawa timnas Portugal meraih trofi perdana di Piala Eropa. Tapi, berbicara soal kiprah di Olimpiade, Lionel Messi boleh berbangga atas Cristiano Ronaldo.

Baca Juga : Rencana Rahasia Cristiano Ronaldo Agar Balik ke Real Madrid

Walau levelnya sering dianggap inferior dibandingkan Piala Eropa atau Copa America, apalagi Piala Dunia, medali emas Olimpiade tetap sesuatu yang layak dibanggakan pesepak bola.

“Bagi saya, Olimpiade lebih besar dari Piala Dunia,” kata rekan karib Messi semasa di Barcelona, Dani Alves, kepada Lance.com.br.

Lionel Messi pernah merasakannya saat membawa Argentina meraih medali emas Olimpiade 2008 di Beijing. Saat itu, Messi masih berusia 21 tahun dan diandalkan pelatih Sergio Batista bersama pemain lain yang kelak menjadi pemain timnas senior seperti Angel Di Maria dan Sergio Aguero. Generasi emas ini menekuk Nigeria pada final 13 tahun silam berkat gol tunggal Di Maria.

Messi sendiri menjadi pemain tersubur Argentina di Beijing 2008 dengan ukiran 2 gol bersama Di Maria, Ezequiel Lavezzi, dan Aguero. Trofi di ajang itu menyusul raihan emas serupa yang diraih angkatan Carlos Tevez untuk timnas Argentina di . . . Gabung . . . Olimpiade 2004.

Lalu, bagaimana dengan Cristiano Ronaldo?

Dua tahun lebih tua dari Messi, Ronaldo sebenarnya berada di usia layak tampil pada Olimpiade yang sama di Beijing. Tapi, timnas Portugal tidak lolos karena gagal masuk semifinal Piala Eropa U-21 2007, yang menjadi ajang kualifikasi ke Olimpiade 2008. Kiprah Ronaldo di pentas ini pun terjadi 4 tahun sebelumnya di Athena 2004, saat dirinya baru menginjak usia 19.

Dibandingkan Messi, kisah karier Ronaldo di Olimpiade jauh dari sorotan karena pencapaian timnya memang payah. Saat itu, Portugal finis sebagai juru kunci grup di bawah tim-tim kejutan Irak, Kosta Rika, dan Maroko. Tim Seleccao Olimpica hanya meraih satu kemenangan atas Maroko (2-1). Cristiano Ronaldo menyumbang gol pertama yang dilengkapi lesakan Ricardo Costa.

Ya, itulah satu-satunya jejak gol Ronaldo dari dua penampilan di ajang Olimpiade. Hal unik adalah sebulan sebelum mentas di Olimpiade, Ronaldo juga memperkuat timnas senior Portugal pada Piala Eropa 2004, di mana mereka finis sebagai runner-up. Terlepas dari perbedaan itu, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masih punya kesamaan tugas yang ingin diselesaikan.

Misi ini harus dirampungkan sebelum pensiun agar karier gemerlap yang mendekati senja menjadi paripurna. Target itu tidak lain memenangi trofi pemungkas yang masih hilang: Piala Dunia.

x

Check Also

Neymar Pamer Perut Sixpack Saat Brasil Kalahkan Peru Di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Brasil – Ada berita menarik dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022, usai Brasil berhasil mengalahkan ...