Home > Berita Liga Spanyol > Penjelasan Resmi Barcelona Mengenai Messi Yang Sudah Setuju Tapi Digagalkan LaLiga

Penjelasan Resmi Barcelona Mengenai Messi Yang Sudah Setuju Tapi Digagalkan LaLiga

Joan Laporta, Presiden Barcelona, akhirnya mengadakan konferensi pers terkait kegagalan perpanjangan kontrak Lionel Messi. Ia mengakui kalau Barcelona punya masalah keuangan sehingga mereka tidak bisa memperpanjang kontrak sang pemain. Messi yang menghabiskan seluruh karir profesionalnya di Barcelona resmi tidak menjadi pemain El Blaugrana sejak 1 Juli kemarin. Karena kontraknya sudah habis di klub La Liga itu.

Barcelona sendiri dilaporkan akan mengumumkan perpanjangan kontrak Messi kemarin. Tapi ternyata El Blaugrana secara mengejutkan mengumumkan kalau mereka gagal mendaftarkan sang pemain karena gajinya yang terlaluy besar. Laporta menegaskan kalau Messi sebenarnya sudah sepakat untuk bertahan di Barcelona.

“Leo ingin bertahan di Barca, kami juga menginginkan ia bertahan,” kata Laporta.

Menurut Laporta, Barcelona sudah lama menegosiasikan kontrak baru Messi. Tapi sayang saat mereka sudah mencapai kesepakatan, La Liga tidak merestui kontrak itu.

“Kami sudah bernegosiasi dengan dia selama dua bulan, dan kami sudah melewati beberapa fase. Pertama kali kami menyepakati kontrak dua tahun, lalu kami menyepakati kontrak lima tahun,”

“kami semua menilai kontrak dua tahun adalah kontrak yang ideal. Kalau ia ingin bertahan lebih lama kami bisa duduk lagi dan menegosiasikan hal ini,”

Laporta menyebut kalau pihaknya sudah ingin mendaftarkan Messi ke La Liga. Tapi ternyata kontrak baru Messi lebih besar dari salary cap yang mereka dapatkan.

“Di La Liga, kami harus mematuhi aturan yang ada. Kami berharap mereka bisa lebih fleksibel dalam aturan ini, tapi sayangnya tidak bisa begitu,”

“Masalahnya beban gaji kami besarnya 110% dari jumlah pemasukan kami. Jadi kami tidak punya ruang untuk menambah gaji dari tim kami, karena peraturan La Liga ini berdasarkan dari aturan Financial Fair Play,”

Menurut Laporta, La Liga sempat menawarkan sebuah opsi . . . Gabung . . . agar Messi bisa bertahan. Tapi ia menilai opsi yang diminta La Liga itu terlalu beresiko untuk keberlangsungan Barca.

“Saat kami mengambil alih klub ini, kami tahu bahwa klub ini sedang merugi. Tapi kenyataannya kerugian yang terjaid jauh lebih besar daripada yang kami perkirakan,”

“Pengeluaran kami ternyata jauh lebih besar dari perkiraan awal dan inilah mengapa kontrak yang kami sepakati bersama Messi tidak memenuhi aturan ini,”

“Kalau kami memaksa kontrak ini, Barca harus memastikan kalau kontrak ini akan mempengaruhi hak siar Barca untuk 50 tahun ke depan. Masalahnya kami tidak bisa membuat keputusan yang mempengaruhi masa depan klub untuk 50 tahun ke depan,”

Laporta mengaku sangat menyesal dengan kondisi ini. Tapi ia hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk Messi.

“Leo ingin bertahan jadi ia tidak bahagia dengan situasi ini. Namun ia menghadapi realita yang tidak bisa berubah, dan kami hanya bisa mendoakan yang terbaik ke manapun ia pergi, karena Barca adalah rumahnya,”

“Saya ingin bersama Leo hari ini, tapi kenyataannya tidak seperti itu. Sekarang situasinya serba tidak mudah. Sekarang kami harus mempersiapkan Era setelah Messi,” katanya.

Menurut berita yang beredar sudah ada beberapa klub yang sedang mencoba mendatangkan Messi. Salah satu yang diketahui sudah bergerak adalah klub tajir Prancis, PSG.

x

Check Also

Sebulan Kedepan Barcelona Akan Kehilangan Gerard Pique

Barcelona, Klub raksasa LaLiga Spanyol, baru saja menerima kabar buruk mengenai kondisi cedera dari bek ...