Home > Berita Liga Indonesia > Menpora Minta Komitmen Tertulis Dari Klub dan Pemain Terkait Prokes

Menpora Minta Komitmen Tertulis Dari Klub dan Pemain Terkait Prokes

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali meminta agar PSSI dan PT LIB membuatkan surat pernyataan tertulis dari klub dan pemain terkait kepatuhan terhadap protokol kesehatan menjelang kompetisi Liga 1 2021/22.

Sebelumnya, PSSI dan PT Liga Indonesia merencanakan akan mulai menggelar kompetisi Liga 1 2021/22 pada 20 Agustus mendatang.

Menpora sendiri merasa tidak keberatan dengan rencana tersebut, asalkan kompetisi dipersiapkan dengan matang, terutama terkait penerapan protokol kesehatan yang ketat hingga akhir kompetisi.

Komitmen memang telah disampaikan oleh PSSI dan PT LIB untuk menjalani protokol kesehatan yang ketat. Namun Menpora Zainudin Amali ingin agar komitmen itu disampaikan juga oleh klub dan para pemain secara tertulis.

“Yang saya tangkap dari yang disampaikan PSSI bahwa mereka secara teknis pasti akan dilakukan secara ketat untuk protokol kesehatan. Protokol ketat itu karena akan mengikat untuk semua orang,” ujar Zainudin Amali dalam jumpa pers virtual, Jumat (6/8/2021).

“Jadi saya harap PSSI dan LIB untuk membuat itu sebagai pegangan tertulis, dan saya kira itu suatu hal yang tidak sulit ya bagi pemain dan bagi klub yang keinginan untuk ikut di dalam kompetisi . . . Gabung . . . ini sudah benar-benar bulat. Pasti hal seperti itu bukan hal yang sulit untuk mereka patuhi,” lanjutnya.

Baca juga : Pemerintah Pastikan Dukung Rencana Bergulirnya Liga 1 2021/22

Menpora juga mengingatkan bahwa nantinya ada beberapa pihak yang akan melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap penyelenggaraan kompetisi.

Pemantauan akan dilakukan oleh Kemenpora, Polri, Dinas Kesehatan, dan Satgas COVID-19.

Bila nantinya didapati adanya pelanggaran protokol kesehatan maka sanksi akan diberikan kepada tim penyelenggara.

“Untuk pengawasan, tentu sebagaimana yang lalu juga ada Dinkes (Dinas Kesehatan) daerah serta Satgas daerah juga terlibat untuk mengawasi,” jelas Zainudin Amali.

“Ini pasti akan begitu juga sama dengan Piala Menpora lalu. Diawasi secara ketat, dan pihak penyelenggara tidak keberatan untuk diawasi,” lanjutnya.

x

Check Also

PT LIB Membuka Kesempatan Kepada Klub Liga 2 Yang Ingin Menjadi Tuan Rumah

Jakarta – PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepak bola di Indonesia akan ...