Home > Berita Liga Prancis > Lionel Messi Katakan Barcelona Dan Real Madrid Akan Tertimpa Kemalangan

Lionel Messi Katakan Barcelona Dan Real Madrid Akan Tertimpa Kemalangan

Lionel Messi resmi bergabung dengan klub raksasa Liga Prancis, Paris Saint-Germain, pada bursa transfer musim panas 2021. Transfer Lionel Messi diumumkan Paris Saint-Germain pada Selasa (10/8/2021) waktu setempat melalui laman resmi PSG. La Pulga memutuskan untuk merapat ke PSG setelah Barcelona tidak bisa mempertahankannya.

Seperti pernyataan Messi dan Barcelona, pihak Blaugrana gagal memberikan kontrak baru lantaran terganjal aturan keuangan (Financial Fair Play) LaLiga. Dengan begitu, Messi menjadi pemain bintang terbaru yang meninggalkan kompetisi elite Liga Spanyol itu dalam empat tahun terakhir.

Baca Juga : Ronald Koeman Akan Menutup Era Messi Dan Buka Era Baru Untuk Barcelona

Messi pun memprediksi kalau hal itu akan membuat dua klub raksasa LaLiga, Barcelona dan Real Madrid, tertimpa kemalangan. Sebelum Messi, LaLiga lebih dulu kehilangan Neymar yang hijrah dari Barcelona ke PSG pada tahun 2017. Satu tahun berselang giliran rival abadi Messi, Cristiano Ronaldo, yang memutuskan untuk berpindah haluan dari LaLiga ke Serie A.

Ronaldo memilih untuk meninggalkan karier gemilangnya di Real Madrid dan bergabung dengan Juventus. Adapun pada musim panas ini, Sergio Ramos juga pergi dari Real Madrid setelah kontraknya tidak diperpanjang. Ramos lalu bergabung dengan Neymar di PSG.

Gelombang kepergian para bintang itu dinilai berpengaruh buruk terhadap LaLiga dan klub-klubnya seperti Barcelona dan Real Madrid. Salah satu dampaknya adalah penurunan brand value (nilai merek) yang berpengaruh pada pemasukan klub-klub itu. Konsultan strategi dan penilaian merek independen, Brand Finance, memperkirakan kalau Barcelona akan mengalami penurunan brand value sebesar 11 persen setelah kepergian Messi.

Dampak potensial dari kepergian Messi pada nilai merek Barcelona itu dilihat dari peran . . . Gabung . . . pemain dalam mendorong pendapatan klub, seperti komersial dan pertandingan. Adapun efek itu sama seperti kepergian Ronaldo dari Santiago Bernabeu yang membuat brand value Real Madrid turun 19 persen. Real Madrid bahkan berjuang untuk mengulangi kesuksesannya di lapangan sejak superstar Portugal itu pergi ke Juventus.

Messi sendiri berpendapat kalau kepergian para pemain bintang memang akan memiliki pengaruh buruk terhadap klub-klub LaLiga. La Pulga bahkan secara terang-terangan mengatakan kalau Barcelona dan Real Madrid akan tertimpa kemalangan setelah melepas para pemain bintangnya. Tapi, Messi percaya kalau dua klub raksasa itu pada akhirnya akan kembali bangkit

“Real Madrid dan Barcelona akan merugi,” kata Messi, dikutip dari El Pais.

“Tapi, dalam beberapa tahun mereka akan kembali stabil.”

“Bintang-bintang besar akan kembali ke sepak bola Spanyol,” kata Messi lagi.

Messi juga menambahkan bahwa tidak akan ada kesenjangan antara LaLiga dan kompetisi lain dengan kepergian pemain-pemain hebatnya. Menurut Messi, klub-klub di LaLiga akan tetap bisa menunjukkan kemampuannya.

“Pada akhirnya, yang penting di liga adalah tim,” kata Messi.

“Barcelona dan Real Madrid masih ada dan ada juga Sevilla, Valencia, dan Atletico, yang merupakan klub besar.”

“Klub-klub selalu ada walaupun faktanya para pemain sudah pergi.”

“LaLiga terus menjadi kompetisi besar dan penting.”

“Pemain lain sudah pergi dan klub mengikuti. Mereka terus eksis dan tampil,” kata Messi melanjutkan.

x

Check Also

Pusat Sepakbola Telah Berubah, Namun Yang Masih Tetap Itu Lionel Messi

PSG sedang menikmati sorotan berbagai media dan menjadi kota paling diperbincangkan di sepak bola. Alasannya ...