Home > Berita Liga Spanyol > Kilas Balik Era Sebelum Messi, Barcelona Hanya Runner-up, Valencia Yang Juara

Kilas Balik Era Sebelum Messi, Barcelona Hanya Runner-up, Valencia Yang Juara

Karir Lionel Messi di La Ligabersama Barcelona akhirnya selesai setelah 17 tahun lamanya. Apa yang terjadi dalam kompetisi sepak bola paling bergengsi itu sebelum Messi muncul? Messi menjalani debutnya bersama Barcelona pada level profesional pada tahun 2003. Tapi dalam kesempatan bermain yang lebih reguler baru ia dapatkan pada musim 2004/05.

Seiring berjalannya waktu, Messi mendapatkan tempat di tim utama dan tidak pernah tergeser sampai musim 2020/21. 520 pertandingan sudah ia lewati dengan dengan rekor 474 gol, membuatnya jadi salah satu penghasil gol terbanyak dalam sejarah La Liga. Perjalanan panjangnya bersama Barcelona resmi berakhir di awal bulan Agustus 2021 ini. Regulasi salary cap La Liga jadi penyebab mengapa Blaugrana memutuskan untuk tidak memberinya kontrak baru.

La Liga merupakan kompetisi yang paling sering dimenangi Messi selama berkarir di Barcelona. Bayangkan, ia berhasil mempersembahkan total 10 gelar dalam 17 tahun karirnya di Camp Nou. Kebedaraan Messi membuat Barcelona begitu dihormati sebagai salah satu klub papan atas Eropa. Lalu, bagaimana kondisi Barcelona sebelum peraih enam trofi Ballon d’Or itu muncul di panggung profesional?

Pada musim 2003/04, Barcelona sebenarnya memiliki tim yang bertabur bintang. Mereka diperkuat sosok seperti Carles Puyol dan Rafael Marquez di jantung pertahanan. Lalu, ada Andres Iniesta dan Xavi . . . Gabung . . . di lini tengah. Ronaldinho jadi pemimpin serangan di lini depan bersama Javier Saviola. Selain itu, Barcelona juga diperkuat beberapa nama beken seperti Marc Overmars, Giovanni van Bronckhorst, Luis Enrique sampai Patrick Kluivert.

Sayang, walau skuatnya bergelimang bintang, Barcelona tetap tidak mampu keluar sebagai juara La Liga di musim 2003/04. Tim yang diasuh Frank Rijkaard itu hanya mampu menduduki posisi dua dan tertinggal lima angka dari sang juara, Valencia. Kalau dibandingkan Barcelona, skuat Valencia tidak begitu mengkilap. Tapi mereka bukan pemain yang boleh dipandang sebelah mata. Ada banyak pemain terhormat seperti Roberto Ayala, Pablo Aimar, Vicente sampai Mista.

Kontribusi paling besar tentu berasal dari sang pelatih, Rafael Benitez. Ia juga turut membantu Valencia menjuarai UEFA Cup di musim yang sama. Prestasinya yang bagus sampai membuat Liverpool kepincut dan merekrutnya pada tahun 2004.

x

Check Also

Tidak Mau Jadi Beban Klub Lamanya Radamel Falcao Kembali Bermain Ke La Liga

Spanyol – Penyerang asal Kolombia,Radamel Falcao baru saja gabung Rayo Vallecano dengan status bebas transfer. ...