Home > Berita Liga Spanyol > Bukan Karena Lockdown, Barcelona Bisa Rugi 2 Trilliun Karena Messi

Bukan Karena Lockdown, Barcelona Bisa Rugi 2 Trilliun Karena Messi

Lionel Messi telah menjalani konferensi pers terakhirnya di Barcelona pada Minggu (8/8/2021). Seperti diketahui kalau sang megabintang terpaksa meninggalkan Blaugrana setelah gagal mendapat kontrak baru. Pihak klub dan pemain tidak bisa mengikat kesepakatan kerja baru karena terganjal aturan keuangan atau Financial Fair Play Liga Spanyol.

Anggaran gaji Barcelona diketahui berada di angka 671 juta euro atau Rp 11,5 triliun. Sementara itu, peraturan baru LaLiga menetapkan limit tagihan upah per klub adalah 382,7 juta euro. Perusahaan konsultan asal Spanyol, Brand Finance, mencoba menerka efek kepergian Messi terhadap Barcelona dari segi pendapatan komersil.

Mereka memprediksi Blaugrana akan mengalami penurunan penjualan jersey dan cenderamata sampai 120 juta euro. Barca juga diperkirakan kehilangan 17 juta euro dari pendapatan per hari pertandingan. Jadi, kalau ditotal, kerugian yang mungkin diderita Barcelona adalah 137 juta euro (Rp 2,3 triliun).

“Tidak diragukan lagi kalau kehadiran Messi di Barcelona memungkinkan klub untuk menarik penggemar, pelanggan, pemain yang lebih baik, manajer, kesepakatan bisnis, dan memenangkan trofi,” kata CEO Brand Finance, Teresa . . . Gabung . . . de Lemus, seperti dikutip dari Mundo Deportivo.

“Kepergian dia dapat merugikan klub dan menyebabkan penurunan nilai merek yang menyakitkan,” kata Teresa menambahkan.

Di saat Barcelona terancam merugi, Paris Saint-Germain (PSG) bersiap mendapat untung alias cuan dari perekrutan Messi. Isu kedatangan Messi menuju PSG memang sedang berembus kencang. Kabarnya, La Pulga akan meneken kontrak berdurasi tiga tahun dengan gaji 40 juta euro per musim.

Berita itu lalu memicu antusiasme suporter Les Parisiens. Mereka tidak sabar menyambut kedatangan pemain terbaik dunia di Paris. Kalau nanti transfer sudah resmi, bisa dibayangkan berapa banyak kostum PSG bernama ‘Messi’ yang akan terjual.

x

Check Also

AS Roma Dapatkan Dua Gelandang Baru Untuk Memperkuat Tim Musim Depan

Sering Berhadapan Dengan Messi, Gelandang Beritahukan Cara Untuk Menghadapinya

Spanyol – Maxime Gonalons, gelandang Granada menceritakan pengalamannya selama bermain bersama Lionel Messi.Messi selama ini ...