Home > Berita Bola > Brasil Lolos ke Final 3 Kali Beruntun Setelah Menang Adu Pinalti Lawan Meksiko

Brasil Lolos ke Final 3 Kali Beruntun Setelah Menang Adu Pinalti Lawan Meksiko

Timnas U-23 Brasil menghadapi Meksiko pada semifinal Olimpiade Tokyo 2020 di Kashima Stadium, Selasa (3/8/2021). Tim Selecao sukses melaju ke final berkat kemenangan lewat adu penalti setelah pertandingan berakhir seri 0-0. Hasil ini membawa Brasil berpeluang mempertahankan medali emas setelah juara Olimpiade 2016 di negara sendiri, sekaligus maju ke final 3 kali beruntun. Sebelumnya, Selecao juga mentas di pertandingan puncak Olimpiade 2012 walau dikalahkan Meksiko.

Timnas U-23 Brasil mendominasi penguasaan bola di babak pertama. Hanya, dominasi itu tidak efektif karena keseringan awak Selecao sulit menembus kotak penalti lawan. Pada menit ke-12, bek sayap Guilherme Arana memiliki peluang bagus pertama saat tembakan kaki kirinya dihalau kiper Guillermo Ochoa. Menit ke-27, Brasil mengeklaim penalti setelah Douglas Luiz terjatuh dalam insiden tabrakan dengan Jose Esquivel.

Baca Juga : Spanyol Tantang Brasil di Final Setelah Kalahkan Jepang

Wasit Georgi Kabakov asal Bulgaria perlu meninjau lewat VAR guna mengambil keputusan. Hasilnya, klaim penalti Brasil ditolak. Di ujung babak pertama, Meksiko bangkit dengan berganti peran sebagai pemberi tekanan. Setidaknya ada dua peluang bagus dimiliki El Tricolor melalui tembakan Luis Romo yang diblok tangan kiper Brasil, Ardebar. Satu lagi via sundulan Uriel Antuna yang melenceng tipis di atas mistar.

Babak pertama berakhir dengan penguasaan bola 66 persen untuk Brasil dan 34 buat Meksiko. Kedua tim melepas 4 percobaan, dengan 3 buah milik Brasil mengenai sasaran dan satu tercatat akurat untuk Meksiko. Masuk babak kedua, intensitas serangan dari kedua tim bertambah. Ochoa melakukan tangkapan lengket saat mengamankan tembakan rendah pemain Brasil.

Masuk menit ke-81, . . . Gabung . . . Richarlison nyaris memecah kebuntuan bagi Selecao. Menerima crossing Dani Alves, penyerang Everton itu melompat paling tinggi untuk menyambut bola. Si kulit bulat mengenai tiang kanan Ochoa, lalu bergulir di dekat garis gawang tanpa melewatinya. Tanpa pemenang sampai akhir waktu normal dan babak tambahan waktu, laga berlanjut ke adu penalti.

Dalam babak adu algojo ini, 4 eksekutor Brasil sukses menunaikan tugas: Dani Alves, Gabriel Martinelli, Bruno Guimaraes, dan Reinier. Di pihak Meksiko, hanya Carlos Rodriguez yang mampu menjaringkan bola. Hasil ini membuat Brasil maju ke final untuk menantang Jepang atau Spanyol, yang akan bertanding beberapa saat kemudian. Adapun Meksiko harus rela mencoret agenda final dan turun di pertandingan perebutan medali perunggu.

Hasil Pertandingan

Meksiko 0-0 Brasil (Brasil menang adu penalti 4-1)

Susunan Pemain

Meksiko (4-3-3): 13-Guillermo Ochoa; 6-Vladimir Lorona, 3-Cesar Montes, 5-Johan Vasquez, 4-Jesus Alberto Angulo (Edu Aguirre 98′); 16-Jose Esquivel (Carlos Rodriguez 46′), 7-Luis Romo, 17-Francisco Cordova (Jesus Ricardo Angulo 78′); 15-Carlos Uriel Antuna (Diego Lainez 62′), 9-Henry Martin (Adrian 98′), 11-Ernesto Vega (Roberto Alvarado 90′).

Pelatih: Jaime Lozano

Brasil (4-2-3-1): 1-Aderbar; 13-Dani Alves, 15-Nino, 3-Diego Carlos, 6-Guilherme Arana; 5-Douglas Luiz (Matheus 115′), 8-Bruno; 7-Paulinho (Martinelli 67′), 20-Claudinho (Reinier 72′), 10-Richarlison; 11-Antony (Malcom 91′).

Pelatih: Andre Jardine

x

Check Also

Neymar Pamer Perut Sixpack Saat Brasil Kalahkan Peru Di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Brasil – Ada berita menarik dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022, usai Brasil berhasil mengalahkan ...