Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona Tolak Pinjman CVC Yang Bisa Selamatkan Kontrak Messi, Kenapa?

Barcelona Tolak Pinjman CVC Yang Bisa Selamatkan Kontrak Messi, Kenapa?

Barcelona sejatinya punya kesempatan untuk bisa mendapat dana dan mengontrak Lionel Messi. Tapi, klub asal Catalan itu memilih menolak dana pinjaman dari CVC Capital Partners yang sudah bekerja sama dengan La Liga. La Liga sudah mengumumkan kalau mereka mendapat investasi baru dari CVC dalam jumlah besar. Dari kesepakatan itu, Barcelona bisa mendapatkan kucuran dana sampai 230 juta pounds. Pengumuman kesepakatan itu dilakukan pada Rabu (4/8/2021) waktu setempat.

Kalau Barcelona menerima kesepakatan itu, maka mereka bisa mendapat cukup dana untuk mengontrak Lionel Messi dengan durasi lima tahun dan potongan gaji 50 persen. Namun, Barcelona membuat pernyataan resmi menolak pinjaman itu. Barcelona memilih menolak kesepakatan pinjaman dari CVC. Barcelona sudah mengumumkan penolakan itu pada Jumat (6/8/2021) dini hari WIB.

Baca Juga : Lionel Messi Terkejut Dan Tertekan Harus Tinggalkan Barcelona

Tidak lama setelah penolakan itu, Barcelona mengumumkan kalau mereka tidak melanjutkan kerja sama dengan Lionel Messi. Sebelumnya, Real Madrid juga menolak kesepakatan La Liga dengan CVC. Lalu, mengapa dua klub top itu menolak kucuran dana La Liga yang didapat dari kesepakatan dengan CVC? Lyall Thomas, jurnalis Sky Sports, menyebut kedua klub merasa akan dirugikan atas kesepakatan itu secara jangka panjang.

“Barcelona – saat ini – menentang investasi CVC . . . Gabung . . . karena mereka tidak ingin menyerahkan pendapatan masa depan kepada perusahaan, bersama dengan Real Madrid,” kata Lyall Thomas.

Kesepakatan itu diambil secara bulat oleh para direksi Barcelona. Tidak ada pertentangan atas keputusan menolak dana pinjaman itu. Kalau melihat kepentingan jangka pendek, maka Barcelona sangat diuntungkan dari pinjaman CVC. Tapi, persyaratan yang ditetapkan sangat memberatkan bagi klub-klub besar seperti Real Madrid dan Barcelona.

CVC memang akan memberikan dana besar bagi Barcelona, juga Real Madrid. Tapi, pada proses pengembalian pinjaman itu, ada klausul yang memberatkan. CVC akan mengambil 11 persen penghasilan hak siar klub setiap tahun. Dan, proses pengambilan hak siar itu akan berlangsung selama 50 tahun!

Jadi, Barcelona merasa CVC menawarkan kesepakatan yang buruk. Karena, Barcelona merasa mungkin nilai yang didapat dari CVC tidak sebanding dengan nilai yang harus mereka bayarkan karena durasi waktu pengembalian yang sangat panjang. Ini adalah proyek yang buruk kalau dilihat dari proyek jangka panjang.

x

Check Also

Diego Simeone Menyoroti Kartu Merah Yang Didapatkan Joao Felix

Madrid – Pada Sabtu (18/9/2021) Atletico Madrid menjamu Athletic Bilbao berakhir dengan hasil seri 0-0.Pelatih ...