Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona Stop Jual Jersey Messi, Depay Sekarang Jadi Gantinya

Barcelona Stop Jual Jersey Messi, Depay Sekarang Jadi Gantinya

Lionel Messi sudah pasti tidak akan bermain untuk Barcelona pada musim 2021-2022. Hal itu karena Messi gagal memperpanjang masa baktinya bersama Barcelona. Barcelona tidak mampu memberi kontrak baru kepada Messi karena terbentur aturan dari Liga Spanyol. Alhasil, Messi mau tidak mau harus angkat kaki dari klub yang sudah membesarkannya sejak tahun 2000 itu.

Sekarang, kapten timnas Argentina itu sudah resmi menjadi pemain klub kaya asal Liga Prancis, Paris Saint-Germain. Messi dikontrak PSG dengan durasi kontrak selama dua tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun. Artinya, Messi akan berseragam PSG sampai 30 Juni 2023. PSG akhirnya berhasil mendapatkan Messi setelah ingin mendatangkan sang megabintang pada bursa transfer musim panas 2020.

Seiring kepergian Messi, Barcelona mulai berbenah dan move on dari mantan kapten mereka itu. Diberitakan sebelumnya, Barcelona sudah memulai langkah move on pertama mereka. Mula-mula, Barcelona melepas poster wajah Lionel Messi yang ditempelkan di dinding kandang mereka, Stadion Camp Nou. Hanya berselang satu hari setelah pelepasan Messi, Barcelona langsung mengerahkan para pekerja untuk melepas poster raksasa itu.

Sekarang, Barcelona kembali membuat langkah move on dengan menarik seluruh jersi bernama Messi di toko resmi mereka. Dilansir dari Marca, Barcelona berusaha untuk mengembalikan seluruh jersi Messi ke produsennya, yaitu Nike. Barcelona memiliki waktu dua bulan untuk mengembalikan seluruh kaos bernomor punggung 10 itu. Prosedur itu memang harus dilakukan Barcelona apabila jersi pemain yang pergi sudah dicetak oleh produsen.

Hal sama pernah terjadi saat Neymar Junior memutuskan untuk pindah dari Barcelona ke PSG. Langkah ini diperkirakan tidak akan membuat Barcelona mengalami kerugian besar. Tapi, Barcelona kemungkinan besar akan kehilangan sosok penyumbang pendapatan terbesar . . . Gabung . . . dari sektor jersi. Pasalnya, selama berseragam Barcelona, Messi menyumbangkan pendapatan dari sektor jersi sebanyak 80 persen.

Artinya, dari 10 jersi yang terjual, delapan di antaranya merupakan jersi bernamakan Messi. Diperkirakan, pemasukan yang diberikan dari jersi Messi mencapai 30 juta euro atau setara dengan Rp 506 miliar per musim. Tapi, menurut Direktur Umum Diagonal Inversiones, Marc Ciria, ada satu pemain di Barcelona yang bisa menggantikan penjualan jersi Messi.

Diagonal Inversiones sendiri merupakan perusahaan ternama di Spanyol yang berfokus pada manajemen keuangan perusahaan. Pemain yang dimaksud adalah penyerang anyar Barcelona asal Belanda, Memphis Depay. Penyerang yang disebut sebagai anak kesayangan Ronald Koeman semasa di timnas Belanda itu bisa menyumbangkan penjualan jersi mencapai 50 persen.

“Depay bisa menyumbangkan pendapatan lima dari setiap 10 jersi yang terjual dan dengan demikian menghindari penurunan penjualan lebih dari 30 persen dalam jangka pendek,” kata Ciria.

Depay sendiri didatangkan Barcelona dari klub Prancis, Olympique Lyon, dengan status bebas transfer. Walau baru bergabung dengan Barcelona, Depay sudah tampil sangat bagus di pertandingan pra-musim. Bahkan, mantan penyerang Manchester United itu sudah mencetak tiga gol di tiga pertandingan pra-musim bersama Barcelona. Depay nantinya akan diplot sebagai ujung tombak Barcelona dengan bantuan Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele.

x

Check Also

Tidak Mau Jadi Beban Klub Lamanya Radamel Falcao Kembali Bermain Ke La Liga

Spanyol – Penyerang asal Kolombia,Radamel Falcao baru saja gabung Rayo Vallecano dengan status bebas transfer. ...