Home > Berita Liga Spanyol > Atletico Madrid Kalahkan Celta Vigo, Diwarnai Kartu Merah

Atletico Madrid Kalahkan Celta Vigo, Diwarnai Kartu Merah

Atletico Madrid menjalani pertandingan pertamanya di Liga Spanyol 2021-2022 dengan bertandang ke markas Celta Vigo, Stadion Abanca Balaidos, pada Minggu (15/8/2021). Pertandingan itu berekesudahan dengan skor 2-1 untuk kemenangan tim tamu. Dilansir dari Whoscored, Atletico Madrid dan Celta Vigo silih berganti menguasai bola dalam pertandingan itu dengan persentase 46,8 persen untuk Los Rojiblancis berbanding 53,2 persen milik sang tuan rumah.

Peluang Atletico Madrid dalam pertandingan itu lebih banyak daripada Celta Vigo. Sepanjang pertandingan tim yang berstatus jawara Liga Spanyol 2019-2020 itu melepaskan 13 tembakan dengan empat yang tepat sasaran. Sementara Celta Vigo hanya membuat 10 percobaan di mana dua tembakan yang mengarah ke gawang dalam periode yang sama.

Jalannya pertandingan

Permainan disiplin, khususnya dalam bertahan, dipraktikkan Celta Vigo dan Atletico Madrid sejak wasit Jose Montero memulai pertandingan. Hal itu membuat kedua kubu hanya mampu melepaskan satu tembakan bahkan saat pertandingan sudah berjalan selama 20 menit. Kedua tembakan itu pun diblok oleh pemain lawan, sehingga bisa dibilang hampir separuh babak pertama berlalu tanpa peluang emas baik dari tim tuan rumah maupun sang tamu.

Tapi, pada menit ke-23 Atletico Madrid menemukan celah untuk menyerang dan mereka memanfaatkannya dengan baik. Setelah melakukan driblle solo di sisi kiri penyerangan, Thomas Lemar mengirim umpan pendek ke arah depan kotak penalti Celta Vigo yang kemudian diterima Angel Correa. Dengan sekali kontrol, Angel Correa yang berada di luar kotak penalti langsung melepaskan tembakan menggunakan kaki kanannya.

Tembakan Correa itu mengarah ke sisi kiri atas gawang Celta Vigo dan kiper mereka, Matias Dituro, hanya terpaku saat bola melewatinya. Alhasil, tendangan Correa sukses merobek jala Celta Vigo dan membawa Atletico Madrid unggul 1-0. Empat belas menit setelahnya Atletico Madrid nyaris menggandakan keunggulan. Umpan lambung Yannick Carrasco dari tendangan korner sebelah kanan penyerangan Atletico Madrid diteruskan ke arah gawang oleh Mario Hermoso menggunakan sundulan.

Tandukan Hermoso sebenarnya sudah mengelabui Dituro dan tinggal masuk ke dalam gawang. Tapi, seketika bola berhenti bergulir setelah diblok lajunya oleh striker Celta Vigo, Iago Aspas, tepat di garis gawang. Setelah itu bola langsung diamankan oleh Dituro. Keunggulan 1-0 Atletico Madrid bertahan sampai jeda. Tapi, setelah babak kedua berjalan 14 menit keunggulan Ateltico Madrid berakhir.

Handball Hermoso di kotak terlarang membuat wasit memberikan penalti untuk Celta Vigo. Awalnya wasit mengabaikan insiden yang sebenarnya terjadi pada menit ke-58 itu. Tapi setelah diminta meninjau ulang insiden oleh petugas VAR, Jose Montero memutuskan menghentikan pertandingan untuk . . . Gabung . . . sejenak dan memeriksa layar di tepi lapangan. Setelah melihat ulang kejadian, Jose Montero menilai kalau Hermoso sudah melakukan handball dengan sengaja dan layak dihukum penalti karena dibuat di dalam kotak terlarang.

Aspas maju untuk mengeksekusi penalti Celta Vigo itu. Dengan tenang striker 34 tahun itu mengirim bola ke sisi kanan gawang Atletico Madrid menggunakan kaki kiri. Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak, menebak ke arah sebaliknya sehingga terpaksa melihat gawangnya kebobolan oleh penalti Aspas. Kedudukan pun kembali berimbang, Celta Vigo 1, Atletico Madrid 1.

Tapi, lima menit berselang Atletico Madrid mampu meraih keunggulan lagi. Umpan silang Saul Niguez yang dibuat dari sisi kiri penyerangan diterima dengan sempurna oleh Correa yang ada di seberangnya. Setelah itu Correa menggiring bola ke kotak penalti lalu melepaskan sepakan kaki kanan. Tembakan Correa melaju mendatar ke tiang jauh yang gagal digapai oleh Dituro dan berakhir di dalam gawang Celta Vigo.

Saat pertandingan memasuki masa injury time wasit terpaksa menghentikan jalannya pertandingan untuk sementara. Pemain-pemain Celta Vigo dan Atletico Madrid terlibat cekcok di tengah lapangan. Wasit lalu mengambil tindakan dan menghukum pemain yang dinilai menjadi biang kerok, yakni Mario Hermoso dari Atletico Madrid dan Hugo Mallo dari Celta Vigo, dengan kartu merah langsung.

Pertandingan kemudian dilanjut, bahkan sampai melewati menit ke-100. Tapi, tidak ada gol tambahan dari kedua kubu sehingga keunggulan 2-1 Atletico Madrid bertahan sampai bubaran.

Celta Vigo 1-2 Atletico Madrid (Iago Aspas 59′-pen; Angel Correa 23′, 64′)

Susunan pemain Celta Vigo dan Atletico Madrid

Celta Vigo (4-1-3-2): 1-Matias Dituro; 2-Hugo Mallo, 4-Nestor Araujo, 19-Jose Fontan, 17-Javi Galan (16-Miguel Baeza 89′); 14-Renato Tapia (21-Augusto Solari 21′); 23-Brais Mendez (8-Fran Beltran 74′), 6-Denis Suarez, 9-Nolito (11-Franco Cervi 62′); 10-Iago Aspas, 22-Santi Mina

Pelatih: Ariel Broggi

Atletico Madrid (5-3-2): 13-Jan Oblak; 22-Mario Hermoso, 2-Jose Maria Gimenez, 15-Stefan Savic, 8-Saul, 21-Yannick Carrasco (21-Sime Vrsjalko 90+7′); 11-Thomas Lemar (5-Rodrigo De Paul 65′), 4-Geoffrey Kondogbia, 6-Koke (23-Kieran Trippier 66′); 14-Marcos Llorente (12-Renan Lodi 82′), 10-Angel Correa (9-Luis Suarez 65′)

Pelatih: Diego Simeone

Wasit: Jose Luis Munuera Montero

x

Check Also

Mulai Lagi, Presiden LaLiga, Javier Tebas Kembali Lontarkan Kritikan Tajam Ke PSG

Spanyol – Kritikan tajam kembali dilontarkan oleh presiden LaLiga, Javier Tebas kepada Paris Saint-Germain (PSG). ...