Home > Berita Liga Spanyol > Apesnya Barcelona, Habis Ditinggal Messi Masih Saja Dinantikan Kerugian Besar

Apesnya Barcelona, Habis Ditinggal Messi Masih Saja Dinantikan Kerugian Besar

Ditinggal Lionel Messi bukanlah akhir penderitaan Barcelona. Raksasa Spanyol itu juga dinanti kerugian besar seiring dengan kepergian sang bintang. Pada dasarnya, Barcelona sudah ditinggal Messi sejak awal bulan Juli 2021 kemarin. Kontraknya resmi berakhir di tanggal 1. Tapi Barcelona dan Messi diketahui ingin melanjutkan kerja sama dalam bentuk kontrak baru.

Proses obrolan berlangsung cukup lama sampai akhirnya Messi bersedia memangkas gajinya sampai 50 persen di kontrak baru. Kesepakatan tercapai, tapi Barcelona tersandung aturan salary cap yang ditetapkan La Liga. Tanpa Messi sekalipun, Barcelona sudah melampaui batas beban gaji. Mereka sudah mencoba meminta kelonggaran dari La Liga soal aturan ini, tapi ditolak mentah-mentah. Pada akhirnya, Barcelona harus berpisah dengan Messi.

Presiden Barcelona, Joan Laporta, sering mengatakan kalau Messi mendatangkan lebih banyak uang buat klub ketimbang pengeluarannya. Itulah sebabnya ia berjuang keras agar sang bintang bisa bertahan di Camp Nou. Perkataan Laporta ada benarnya. Menurut laporan dari Brand Finance, kepergian Messi akan mengurangi valuasi merek dagang Barcelona sebesar 11 persen. Artinya, mereka terancam kehilangan uang sampai 137 juta euro dari kepergiannya.

Brand Finance mengacu pada valuasi merek . . . Gabung . . . dagang yang mereka terbitkan pada tahun 2021. Pada saat itu, valuasi Barcelona hanya kalah dari sang rival yang juga berstatus raksasa Spanyol, Real Madrid, dalam lingkup dunia.

Barcelona juga diprediksi akan menerima kerugian yang sangat besar dari segi komersil, terutama dalam hal penjualan jersey dan merchandise lain. Nilainya tidak main-main, bisa mencapai 77 juta euro. Kerugian ini sudah pernah dirasakan oleh Real Madrid pada tahun 2018, tepatnya saat Cristiano Ronaldo memilih pergi ke Juventus. Los Merengues diketahui mengalami pengurangan valuasi merek dagang sebesar 19 persen.

Menurut beberapa laporan, Messi sudah hampir dipastikan akan bergabung dengan PSG. Secara teori, keuangan raksasa Prancis itu yang didukung oleh pemilik kaya raya mampu menampung sang bintang saat ini.

x

Check Also

AS Roma Dapatkan Dua Gelandang Baru Untuk Memperkuat Tim Musim Depan

Sering Berhadapan Dengan Messi, Gelandang Beritahukan Cara Untuk Menghadapinya

Spanyol – Maxime Gonalons, gelandang Granada menceritakan pengalamannya selama bermain bersama Lionel Messi.Messi selama ini ...