Home > Berita Liga Indonesia > Yunus Nusi Pastikan PSSI Tidak Anti Naturalisasi Selama Timnas Indonesia Membutuhkan

Yunus Nusi Pastikan PSSI Tidak Anti Naturalisasi Selama Timnas Indonesia Membutuhkan

Jakarta – Sekjen PSSI, Yunus Nusi, memastikan PSSI tidak anti terhadap naturalisasi pemain selama pelatih merekomendasikannya dan sesuai kebutuhan Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, belum lama ini Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyindir soal pemain naturalisasi yang kurang memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme.

Menurut Zainudin Amali, ia akan memperketat proses naturalisasi pemain yang dinilainya tidak efektif membentuk Timnas Indonesia yang kuat dan berprestasi.

Namun demikian Yunus Nusi menjelaskan, pihaknya masih tetap membuka peluang naturalisasi selama hal itu dibutuhkan Timnas Indonesia.

“PSSI, seperti tahun-tahun sebelumnya, tetap membuka peluang untuk menaturalisasi. PSSI tidak tabu dengan naturalisasi,” kata Yunus Nusi.

“Naturalisasi itu kebutuhan tim yang direkomendasi oleh pelatih dan direktur teknik. Bukan kebutuhan PSSI, bukan kebutuhan pengamat, bukan kebutuhan netizen,” ujar Yunus Nusi.

“Selama pelatih tidak merekomendasikan, apa yang mau dinaturalisasi oleh PSSI,” lanjutnya.

Yunus juga menambahkan, PSSI tidak . . . Gabung . . . akan bergerak sebelum ada rekomendasi dari pelatih, kecuali bila sang pemain sendiri meminta untuk dinaturalisasi, karena itu merupakan hak seseorang.

Yunus Nusi kemudian mencontohkan proses naturalisasi dari gelandang Persib Bandung, Marc Anthony Klok, yang baru dilakukan pada akhir 2020 lalu.

“Kalau ada pemain di Indonesia yang ingin dinaturalisasi karena sudah memenuhi syarat, kami naturalisasi meskipun tidak dipanggil oleh Shin Tae-yong karena mereka yang meminta. Itu hak,” ucap Yunus Nusi.

x

Check Also

Rafathar Bersedia Gantikan Raffi Ahmad Urus RANS Cilegon FC

Jakarta – Raffi Ahmad seperti tidak perlu susah-susah mencari pengganti dirinya nanti untuk mengurus klub ...