Home > Timnas Indonesia > Saddil Ramdani Harus Jual Jambu Mete Untuk Beli Sepatu Bola

Saddil Ramdani Harus Jual Jambu Mete Untuk Beli Sepatu Bola

Jakarta – Mantan pemain Timnas Indonesia yang saat ini bermain untuk klub Malaysia Sabah FC, Saddil Ramdani, mengaku perjuangannya di masa kecil sangat keras dan tidak mudah.

Hal ini diungkapkan Saddil Ramdani saat diwawancarai Malaysian Football League.

Menurut penuturan Saddil Ramdani, masa-masa kecilnya dilalui dengan perjuangan karena kedua orang tuanya harus berpisah saat ia masih berusia 10 tahun.

Saddil Ramdani yang tinggal bersama sang ibu harus menjalani hidup dengan keterbatasan, karena ibunya menjadi satu-satunya tulang punggung yang menanggung berbagai kebutuhan keluarga kecilnya tersebut.

Meski demikian, Saddil mengaku tidak pernah merasa iri melihat kehidupan kawan-kawan seusianya yang penuh dengan kemudahan karena kondisi ekonomi.

“Kalau bisa dibilang, saya tumbuh besar karena lingkungan. Saya juga tidak seperti anak-anak lain yang kalau berangkat sekolah mendapat uang jajan,” tutur Saddil Ramdani.

“Mungkin hal-hal seperti itu terasa kecil, tapi itu buat saya tumbuh menjadi seorang laki-laki yang kuat dan sadar dengan keadaan ekonomi keluarga,” lanjutnya.

Bahkan Saddil menuturkan, ia harus menjual jambu mete demi untuk membeli sepatu sekolah dan sepatu bola, yang memang sudah menjadi kegemarannya sejak kecil.

Saat itu, satu-satunya peluang yang bisa lakukan untuk mendapatkan . . . Gabung . . . uang yakni dengan menjual jambu mete.

“Saya selalu mencari jambu mete untuk dijual. Dari hasil penjualan itu, saya akhirnya mampu membeli sepatu sepak bola untuk latihan dan juga sepatu untuk sekolah,” ungkap Saddil Ramdani.

“Jadi, untuk bisa makan atau untuk membeli sesuatu, kami harus bisa mencarinya sendiri,” sambung Saddil.

Perjuangan Saddil di masa kecil terus terbawa hingga ia menekuni olahraga sepak bola. Semangat pantang menyerah Saddil membawanya terpilih menjadi salah satu pemain Timnas U-19 Indonesia saat masih ditangani pelatih Indra Sjahfri.

Saddil Ramdani juga terpilih memperkuat Timnas U-23 Indonesia di era pelatih asal Spanyol, Luis Milla.

Sementara itu, saat ini Saddil Ramdani membela klub asal Malaysia, Sabah FC, dan baru saja menandatangani perpanjangan kontrak sampai November 2022.

x

Check Also

Pratama Arhan Ingin Jadi Kekasih Vanesha Prescilla dan Jadi Pengusaha

Semarang – Bek PSIS dan Timnas Indonesia, Pratama Arhan, mengaku ingin jadi pengusaha bila dirinya ...