Home > Piala AFC > PSSI Hormati Keputusan AFC Batalkan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala AFC Putri U-17

PSSI Hormati Keputusan AFC Batalkan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala AFC Putri U-17

AFC resmi membatalkan Piala AFC Putri U-17 2022 yang rencananya akan diadakan di Indonesia. PSSI pun menyampaikan sikap mereka terkait keputusan Konfederasi Sepak Bola Asia itu. Selain Piala AFC Putri U-17 2022, AFC juga meniadakan Piala AFC Putri U-20 2022 di Uzbekistan. Ini semua akibat pandemi COVID-19.

“Exco AFC menyadari pentingnya mengedepankan kesehatan dan keselamatan seluruh pemangku kepentingan, terutama pemain muda, di tengah situasi dan tantangan yang tidak menentu akibat pandemi COVID-19,” tulis AFC dalam suratnya kepada PSSI pada awal Juli 2021.

Baca Juga : Kondisi PPKM Level 4, PT.LIB Rencana Kick-off Agustus 2021

Sebagai kompensasinya, Indonesia tetap akan menjadi tuan rumah Piala AFC Putri U-17 dan Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala AFC Putri U-20 pada 2024. Selain itu, status Indonesia sebagai tuan rumah Grup C Kualifikasi Piala Asia Putri 2022 dicabut oleh AFC berdasarkan surat pada 19 Juli 2021 karena pandemi COVID-19.

Endri Erawan, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, memaklumi kebijakan AFC tersebut. Pihaknya memahami situasi pandemi yang masih tinggi di beberapa negara . . . Gabung . . . Asia, termasuk Indonesia.

“Kami menghormati keputusan AFC. Tentu dengan ini tim pelatih akan mengubah program latihan bagi Timnas Indonesia Putri. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” kata Endri Erawan.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi juga tidak kecewa dengan keputusan AFC membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Grup G Kualifikasi Piala Asia Putri 2022.

“Melihat situasi COVID-19 di Indonesia yang masih tinggi membuat AFC membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Grup C Kualifikasi Piala Asia Putri 2022,” kata Yunus Nusi.

“Terkait ini, kami menghormati dan tidak ada masalah dengan keputusan AFC. PSSI akan mempersiapkan Timnas Indonesia Putri dengan maksimal agar dapat lolos ke putaran final Piala Asia Putri 2022,” jelasnya.