Home > Berita Liga Indonesia > PSIS Semarang > PSIS Dukung Pengetatan Naturalisasi Pemain Yang Akan Dilakukan Menpora

PSIS Dukung Pengetatan Naturalisasi Pemain Yang Akan Dilakukan Menpora

Semarang – CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, mengaku mendukung langkah Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, yang akan memperketat proses naturalisasi pemain.

Menurut Yoyok Sukawi, lebih baik pemerintah fokus dengan pembinaan para pemain muda Indonesia daripada banyak melakukan naturalisasi.

“Ya tentu setuju kalau Pak Menteri mau memperketat naturalisasi. Namun tidak berhenti di situ, proses pembinaan di akar rumput juga harus dikuatkan. Apa pun cabang olahraganya, tidak hanya sepak bola,” kata Yoyok Sukawi, Senin (05/07/2021).

Selain pembinaan pemain, Yoyok Sukawi juga menyoroti soal pembangunan infrastruktur olahraga yang menurutnya juga menjadi masalah utama.

“Pemerintah juga harus aktif membangun infrastruktur olahraga di daerah-daerah. Kalau infrastruktur sudah tersedia dan Sumber Daya Manusia (SDM) semakin terlatih, maka Indonesia lebih mudah menghasilkan atlet-atlet hasil binaan sendiri dan tidak melakukan naturalisasi lagi dalam jumlah banyak ke depannya,” jelas Yoyok Sukawi.

Baca juga : Dinilai Tidak Efektif, Menpora Akan Perketat Proses Naturalisasi Pemain

Yoyok Sukawi juga menambahkan, dalam grand desain keolahragaan . . . Gabung . . . nasional, salah satunya adalah meningkatkan SDM dan memperkuat infrastruktur.

“Di dalam grand desain keolahragaan sudah jelas bahwa salah satu cara mencetak atlet berbakat adalah dengan mengasah SDM-nya dan memperkuat infrastrukturnya. Ini harapan kita semua supaya olahraga Indonesia terus maju tanpa harus mengandalkan hasil naturalisasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan pengetatan terhadap proses naturalisasi atlet dari semua cabang olahraga.

“Untuk naturalisasi akan saya perketat untuk semua cabang olahraga. Kita akan lihat seberapa besar urgensinya. Sebaiknya memanfaatkan potensi yang ada,” kata Menpora, beberapa waktu lalu.

x

Check Also

PSIS Semarang Butuh 3-4 Kali Laga Uji Coba

Semarang – Bila tim lain sudah cukup lama menggelar latihan persiapan, bahkan beberapa di antaranya ...