Home > Berita Euro > Peringatan Kepada Tim Inggris Yang Terlalu Bersemangat Bisa Jadi Bumerang

Peringatan Kepada Tim Inggris Yang Terlalu Bersemangat Bisa Jadi Bumerang

Inggris harus waspada penuh saat menghadapi Denmark dalam duel semifinal Euro 2020, Kamis (8/7/2021). Walau nyaris unggul segalanya, Inggris akan menghadapi tantangan besar perihal mental. Perjalanan pasukan Gareth Southgate di Euro 2020 ini terbilang fantastis. Mereka sempat diragukan di fase grup, tapi terbukti terus berkembang dan bisa mencapai semifinal.
Suara-suara percaya diri mulai bermunculan. Slogan it’s coming home nyaring terdengar, seolah-olah Inggris sudah sangat percaya akan jadi juara.

Kepercayaan diri itu bagus, tapi di sisi lain bisa jadi penyebab kelengahan para pemain. Kondisi skuad Inggris saat ini coba dianalisis oleh Gary Neville. Sebagai mantan pemain, Neville tahu betul apa yang dirasakan para pemain saat ini. Dia yakin Harry Kane dkk. merasa sangat percaya diri setelah mengalahkan tim-tim kuat.

“Tim ini, begitu mereka melewati Jerman, rasa semangat mereka terbangun, kepercayaan diri tumbuh, dan rasa grogi mulai sedikit berkurang,” kata Neville di Sky Sports.

“Mereka memasuki salah satu momen yang sudah diantisipasi sepanjang hidupnya. Ini . . . Gabung . . . adalah pertandingan hidup-mati dan mereka harus menyambut pertandingan ini.”

“Saya kira mereka tidak terlalu grogi dan cemas, hanya sangat bersemangat,” katanya.

Walau begitu, Neville kembali mengingatkan Inggris. Saut-satunya bahaya yang mengancam mereka adalah kalau terlalu percaya diri karena dukungan media dan fans, sampai akhirnya lupa cara bermain baik.

“Menurut saya, satu-satunya bahaya Inggris adalah kalau para pemain merasa tidak terkalahkan dan lupa melakukan tugas mereka,” jelas Neville.

“Untungnya ada beberapa pemain dalam tim ini yang sudah pernah bermain di Piala Dunia 2018 Rusia, saya kira itu akan membantu mereka melewati ujian ini,” katanya.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...