Home > Berita Liga Spanyol > Pemain Yang Mencintai Barcelona Pasti Ikhlas Dipotong Gaji, Sindiran Untuk Messi

Pemain Yang Mencintai Barcelona Pasti Ikhlas Dipotong Gaji, Sindiran Untuk Messi

Persiapan Barcelona untuk menghadapi kompetisi baru musim 2021-2022 cukup terganggu. Bukan masalah cedera pemain, tapi Barcelona sedang menghadapi krisis finansial yang serius. Barcelona diketahui menelan kerugian hampir 600 juta euro (sekitar Rp10,28 triliun) akibat dari pandemi COVID-19.

Sebagian besar kerugian yang dialami El Barca dari segi finansial bersumber dari beban gaji para pemain. Barcelona diketahui sudah mengeluarkan biaya mencapai nyaris 350 juta euro (sekitar Rp5,99 triliun) hanya demi membayar gaji Lionel Messi cs pada musim 2020-2021. El Barca yang sekarang dipimpin oleh presiden klub Joan Laporta semakin tidak bisa bernapas setelah LaLiga mengeluarkan aturan baru mengenai pembatasan gaji.

Hal itu mau tidak mau membuat Barcelona harus menekan pengeluarannya di sektor gaji pemain sampai menjadi 150 juta euro pada musim kompetisi baru nanti. Mengingat salary cap yang sudah melewati ambang batas, Barcelona belum bisa mendaftarkan para pemain barunya untuk kompetisi Liga Spanyol. Tiga pemain yang sudah didaratkan Barcelona pada musim panas tahun ini adalah Eric Garcia, Sergio Aguero, dan Memphis Depay.

Eric Garcia, Sergio Aguero, dan Memphis Depay harus menerima nasib belum teregistrasi sebagai pemain resmi Barcelona di Liga Spanyol akibat kasus salary cap itu. Selain menekan anggaran gaji, El Barca juga sedang disibukkan untuk menggaet kembali kapten mereka, Lionel Messi.

Status Lionel Messi saat ini adalah bebas transfer seiring kontraknya yang berakhir pada 30 Juni di Barcelona. Sejumlah pihak menilai Barcelona tidak mungkin memberikan jumlah gaji yang sama untuk Messi kalau berusaha menyodorinya kontrak baru.

Patut diketahui, besaran gaji megabintang asal Argentina itu sempat bocor ke khalayak umum dengan nominal mencapai 555 juta euro terhitung sejak 2017 sampai awal 2021. Mau tidak mau penjualan pemain juga sedang dipertimbangkan pihak Barcelona untuk menekan biaya gaji pemain dan perekrutan kembali . . . Gabung . . . Messi.

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, sejatinya sudah memberikan pesan kepada para pemainnya agar bersedia menerima pemotongan gaji. Jauh-jauh hari Ronald Koeman menyuarakan hal itu kepada para pemainnya demi menyelamatkan klub.

Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Menteri Ekonomi dan Keuangan Catalunya, Jaume Giro. Jaume Giro yang juga menjabat sebagai wakil presiden ekonomi klub di bawah kepemimpinan Joan Laporta, meminta para pemain El Barca melakukan tindakan yang benar. Giro berharap pemain Barcelona menyetujui rencana pemangkasan gaji kalau mereka benar-benar mencintai klub.

“Para pemain harus melakukan hal yang benar. Kalau mereka mencintai klub, mereka harus menyetujui pemotongan gaji,” kata Giro.

“Mereka sudah digaji dengan sejumlah uang yang mencengangkan di masa lalu, bahkan dengan kekalahan menyakitkan di kompetisi Eropa, tapi sekarang mereka harus membuat pengorbanan pribadi untuk Barca.”

“Bahkan setelah dipotong, mereka masih akan mendapatkan nominal lebih dari seseorang dengan empat gelar universitas yang mampu berbicara tiga bahasa yang berbeda.”

“Tidak ada klub yang bisa beroperasi dengan cara seperti ini.”

“Kondisi saat ini, Barca menghabiskan 70 persen anggarannya untuk gaji pemain, dan ini sepenuhnya tidak bisa terus terjadi.”

“Ada lebih banyak biaya lagi di samping gaji dan amortisasi.”

“Dari apa yang saya baca, direksi yang sekarang akan melakukan segalanya demi mengurangi tagihan gaji.”

“Saya yakin mereka akan melakukannya karena itu adalah salah satu tujuan klub di samping pembiayaan kembali utangnya,” kata Giro melanjutkan.

x

Check Also

Karim Benzema Tetap Percaya El Clasico Masih Yang Terbaik Meski Minim Pemain Bintang

Madrid – Pada saat ini El Clasico sudah tidak lagi bertabur bintang seperti era sebelumnya.Namun ...