Home > Copa America > Meski Messi Harus Berdarah Argentina Sukses Adu Penalti 3-2 Dari Kolombia

Meski Messi Harus Berdarah Argentina Sukses Adu Penalti 3-2 Dari Kolombia

Timnas Argentina akhirnya lolos ke final Copa America setelah menghadapi timnas Kolombia dalam laga semifinal Copa America 2021 di Estadio Nacional de Brasilia, Rabu (7/7/2021) pagi WIB usai menantang timnas Brasil.Argentina menang dalam adu penalti 3-2 setelah di waktu normal bermain imbang 1-1.

messi

Dalam laga tersebut Lionel Messi berjuang hingga kaki kirinya berdarah-darah dan Emiliano Martinez menjadi pahlawan dalam adu penalti usai melakukan 3 kali penyelamatan.

WhoScored mencatat sebenarnya Argentina sebenarnya kalah dominan dengan penguasaan bola sebesar 48 persen.Argentina melakukan 13 tembakan dengan 4 mengarah ke gawang.

Pada babak pertama Timnas Argentina langsung menyerang sejak pertandingan dimulai.Argentina mendapat peluang emas untuk mencetak gol pada menit ketiga pertandingan.Lionel Messi yang melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti, dia kemudian mengirim umpan tajam kepada Nicolas Gonzalez. Namun, Gonzalez gagal mengonversikan umpan itu menjadi gol setelah sundulannya sedikit melenceng ke sisi kanan gawang Kolombia.

Pada menit ke -7, Lautaro Martinez sukses memaksimalkan umpan pendek Lionel Messi di dalam kotak penalti dengan sepakan mendatar kaki kanan yang tak mampu dijangkau oleh kiper Kolombia, David Ospina.Skor menjadi unggul 1-0 untuk Argentina.

Peluang untuk Kolombia datang pada menit ke-37 dan nyaris menyamakan skor.Yerry Mina melakukan tandukan di dalam kotak penalti setelah mendapatkan umpan sepak pojok Juan Cuadrado,.Namun, bola hasil sundulannya masih membentur mistar gawang.

Argentina hampir menggandakan golnya lewat skema sepak pojok enam menit berselang, giliran Gonzalez menyambar operan corner-kick Messi dengan sundulan, tetapi Ospina mampu dengan sigap menepis bola.Babak pertama usai dengan skor 1-0 keunggulan untuk Argentina.

Babak kedua dimulai dengan Kolombia yang melakukan tekanan ke area pertahanan Argentina. Pada menit ke-47, Kolombiamendapatkan peluang dari Luis Diaz yang melepaskan sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti, tetapi arah bola masih tepat mengarah ke pelukan kiper Argentina, Emiliano Mart.

Semenit berselang, Frank Fabra melakukan tekel keras ke arah kaki kiri Messi yang menyebabkan peraih Ballon d’Or 6 kali itu meringis kesakitan hingga mendapatkan perawatan selama beberapa menit dan kaki kiri Messi terlihat berdarah.

Kolombia berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi inidivdu Luis Dias yang menusuk masuk ke dalam kotak penalti dengan mencukil bola . . . Gabung . . . menggunakan kaki kanannya yang tak mampu dihalau oleh Martinez pada menit ke-61.

Pada menit ke-80, Messi, yang menerima umpan terukur dari Angel Di Maria melakukan tembakan kaki kiri di dalam kotak penalti.Akan tetapi, bola hasil tembakannya masih membentur tiang gawang sebelah kanan.Pertandingan usai dengan skor 1-1 pada waktu normal menyebabkan laga dilanjutkan ke babak adu penalti.Juan Cuadrado yang menjadi eksekutor penalti pertama Kolombia berhasil melakukan tugasnya dengan sempurna.

Messi yang mengambil tendangan pertama untuk Argentina juga berhasil menjebol gawang Kolombia dengan mengarahkan bola ke pojok kiri gawang.Penendang kedua dari masing-masing tim gagal melakukan tugasnya.

Penendang penalti ketiga Kolombia, Yerry Mina, gagal melakukan tugasnya setelah tembakannya yang mengarah kanan gawang ditepis oleh Emiliano Martinez, sedangkan eksekutor ketiga Argentina Leandro Paredes berhasil memasukkan bola.

Baca juga : Saatnya Messi Bawa Argentina Juara Setelah Kembali ke Maracana

Miguel Borja sukses melaksanakan tugasnya sebagai penendang penalti keempat Kolombia,dari Argentina Lautaro Martinez juga sukses mengeksekusi penalti.

Emiliano Martinez memastikan kemenangan Argentina usai menggagalkan penalti Edwin Cardona. Akhinrya Argentina menang adu penalti 3-2 untuk menantang Brasil pada final di Rio de Janeiro pada 10 Juli mendatang.

Susunan pemain Argentina vs Kolombia:

Argentina (4-3-3): 23-Emiliano Martinez; 26-Nathuel Molina (4-Gonzalo Montiel 46′), 6-German Pezzella, 19-Nicolas Otamendi, 3-Nicolas Tagliafico; 7-Rodrigo De Paul, 18-Guido Rodriguez, 20-Giovani Lo Celso (5-Leandro Paredes 56′); 10-Lionel Messi, 22-Lautaro Martinez, 15-Nicolas Gonzalez

Pelatih: Lionel Scaloni

Kolombia (4-4-2): 1-David Ospina; 6-William Tesillo (26-Frank Fabra 46′), 23-Davinson Sanchez, 13-Yerry Mina, 16-Daniel Munoz; 14-Luis Diaz, 8-Gustavo Cuellar (28-Yimmi Chara 46′), 5-Wilmar Barrios, 11-Juan Cuadrado; 7-Duvan Zapata, 18-Rafael Santos Borre (10-Edwin Cardona 46′)

Pelatih: Reinaldo Rueda

Wasit: Jesus Valenzuela (Venezuela)

(Ara-Satupedia.com)

x

Check Also

Copa America 2021 Menjadi Bukti Messi Masih Manusia Yang Bisa Terpeleset Dan Gagal Bikin Gol Mudah

Timnas Argentina-nya Lionel Messi menobatkan diri sebagai kampiun Copa America 2021 setelah mengalahkan tuan rumah ...