Home > Berita Liga Spanyol > Masalah Yang Menghambat Bek Ringkih Barca Kembali ke Klub Lama

Masalah Yang Menghambat Bek Ringkih Barca Kembali ke Klub Lama

Terdapat penghalang utama yang membuat bek ringkih Barcelona, Samuel Umtiti, untuk bisa kembali ke klub lamanya, Olympique Lyon. Permasalahan finansial yang menimpa klub membuat Barcelona mencanangkan bersih-bersih skuad. Penjualan pemain dan pemotongan gaji menjadi solusi yang digarap Barcelona demi menjaga kestabilan keuangan klub.

Di balik upaya itu, Barcelona juga sedang berjuang untuk mengontrak kembali kapten dan ikon mereka, Lionel Messi. Penandatanganan kembali Lionel Messi jelas akan membutuhkan suntikan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu, penjualan dan pemotongan gaji bagi pemain dengan pendapatan tinggi tengah gencar dilakukan. Salah satu korban kebijakan dari El Barca adalah bek tengah asal Prancis, Samuel Umtiti.

Samuel Umtiti menjadi salah satu pemain yang telah dimasukkan Barcelona dalam daftar jual pemain pada bursa transfer musim panas 2021. Pada awalnya karier Umtiti di Camp Nou begitu moncer setelah didatangkan dari Olympique Lyon pada musim panas 2016. Berduet dengan Gerard Pique di lini belakang, Umtiti digadang-gadang akan sukses di Barcelona.

Tapi, harapan tinggi itu seketika sirna setelah cedera mendera pemain berusia 27 tahun itu. Cedera lutut kambuhan dan berkepanjangan setelah mengantarkan Prancis juara Piala Dunia 2018, membuat Umtiti begitu ringkih. Sejauh ini, Umtiti sudah bermain sebanyak 132 penampilan dan baru menelurkan 2 gol. Dalam dua musim terakhirnya di Liga Spanyol, Umtiti hanya tampil sebanyak 13 pertandingan saja bagi Barcelona.

Peluang untuk bermain reguler di bawah arahan Ronald Koeman pada musim 2021-2022 dirasa semakin menipis seiring kedatangan Eric Garcia dari . . . Gabung . . . Manchester City. Selain Eric Garcia, masih ada Oscar Mingueza, Ronald Araujo, dan Clement Lenglet yang menjadi pesaing untuk mendampingi Gerard Pique di jantung pertahanan El Barca.

Dilansir, klub lama Umtiti, Olympique Lyon, disebut-sebut sedang berusaha untuk memulangkannya pada bursa transfer musim panas tahun ini. Lyon merasa kalau mereka bisa mengembalikan kembali penampilan Umtiti seperti sebelum terdampak cedera pada 2018. Tapi, mereka tidak mampu membayar biaya transfer atau upahnya, karena kedua nominal itu dirasa terlampau tinggi untuk klub yang bermain di Liga Prancis.

Sebaliknya, Les Gones bekerja untuk menandatangani Umtiti dengan kesepakatan pinjaman di mana mereka akan menanggung sekitar 50% dari upahnya. Barcelona belum mengambil sikap terkait rencana dari Lyon itu. Tapi, opsi penjualan permanen bagi Umtiti tetap menjadi prioritas bagi Barcelona mengingat fokus utama mereka adalah menstabilkan keuangan klub.

Sejatinya peminat Umtiti juga sempat datang dari klub Liga Prancis lainnya, yakni Olympique Marseille. Tapi, Olympique Marseille tidak jadi untuk mengontrak Umtiti. Hal itu dikarenakan Marseille lebih tertarik untuk membawa William Saliba dari Arsenal dengan status pinjaman.

x

Check Also

Raul Albiol Terpilih Menjadi Man Of The Match Dalam Laga Real Madrid vs Villarreal, La Liga 2021/22

Madrid – Dalam laga pekan ke-7 La Liga 2021/22, Real Madrid sebagai tuan rumah pertandingan ...