Home > Berita Euro > Mantan Wasit FIFA Bingung Melihat Kontroversi Pinalti Laga Inggris vs Denmark

Mantan Wasit FIFA Bingung Melihat Kontroversi Pinalti Laga Inggris vs Denmark

Urs Meier, Mantan wasit FiFA asal Swiss, mengaku gagal paham dengan keputusan Danny Makkelie menghadiahkan penalti untuk Inggris dalam pertandingan Euro 2020 versus Denmark, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. Dalam pertandingan yang diadakan di Wembley ini, Inggris sejatinya sempat tertinggal lebih dulu akibat gol tendangan bebas indah yang dilesatkan bintang muda Mikkel Damsgaard.
Inggris pun akhirnya sukses menyamakan kedudukan berkat gol bunuh diri Simon Kjaer. The Three Lions baru bisa berbalik unggul di babak extra time lewat gol rebound Harry Kane setelah penaltiya dimentahkan Kasper Schmeichel.

Hadiah penalti didapat Inggris setelah Makkelie menganggap Raheem Sterling dilanggar Joakim Maehle di kotak terlarang. Perdebatan mengenai penalti ini pun ramai menghiasi media sosial. Salah satu pihak yang mempermasalahkan penalti kontroversial ini adalah Meier.
Menurutnya, insiden itu tidak layak berakhir dengan hadiah penalti untuk Inggris.

Baca Juga : Komentar Wenger Mengenai Kontroversi Pinalti Dalam Laga Inggris vs Denmark

“Apa yang bisa Anda katakan tentang itu? Sterling mencari kontak, itu jelas terlalu lunak untuk penalti,” kata Meier.

“Saya bahkan lebih terkejut saat Makkelie menunjuk titik putih. Pada saat itu saya pikir mungkin ada kontak, yang saya lewatkan dalam kecepatan sebenarnya, . . . Gabung . . . tapi lalu gerakan lambat mengkonfirmasi kesan pertama saya. Tidak ada yang seharusnya menjadi penalti,” katanya.

“Wasit mungkin menafsirkan satu langkah bek Denmark itu sebagai tendangan kaki. Walau begitu, saya berharap VAR mengoreksi keputusan itu. Bagi saya sama sekali tidak dapat dipahami kalau dia setidaknya tidak mengirim wasit di depan layar untuk melihat insiden lagi.” jelasnya.

Lebih lanjut, Meier juga mengomentari insiden adanya dua bola di lapangan sesaat sebelum Sterling dilanggar Maehle yang berujung penalti bagi Inggris.

“Makkelie bisa membuat hidup lebih mudah untuk dirinya sendiri kalau dia meniup peluit. Tidak ada yang akan mengkritik itu,” kata Meier.

“Saya pribadi juga tidak akan melakukan itu. Karena saya pribadi tidak berpikir Anda harus terus-menerus mengganggu permainan karena bola kedua – selama itu tidak mengganggu. Menurut pendapat saya, itu tidak mengganggu, semua pemain hanya fokus pada bola yang ‘benar’.” katanya.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...