Home > Berita Liga Indonesia > Mantan Ketua Umum PSSI La Nyalla Desak Kompetisi Segera Bergulir

Mantan Ketua Umum PSSI La Nyalla Desak Kompetisi Segera Bergulir

Jakarta – Mantan Ketua Umum PSSI yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, menyatakan dukungannya kepada Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) yang mendesak agar pemerintah segera memberikan rekomendasi agar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa berjalan di masa pandemi.

Seperti diketahui sebelumnya, APPI telah mengirimkan surat terbuka kepada Presiden RI, Joko Widodo, yang meminta agar pemerintah memperhatikan nasib para pemain sepak bola yang tidak bisa bekerja karena kompetisi di Tanah Air belum berjalan juga.

Dalam surat terbuka bertanggal 29 Juli 2021 itu berisikan keresahan dan harapan para pemain terkait penyelanggaraan Liga 1 dan Liga 2 musim ini. Surat ini ditandatangani oleh perwakilan pemain dari setiap klub.

Karena itu, La Nyalla yang pernah menjadi Ketua Umum PSSI di periode 2012-2016 ini berharap pemerintah bisa mendengarkan aspirasi para pemain sepak bola tersebut.

“Sangat wajar kalau para pemain bola profesional menuntut agar kompetisi segera digelar. Kompetisi sepak bola di Tanah Air sudah vakum hampir 1,5 tahun,” kata La Nyalla.

“Artinya, para pemain telah kehilangan mata pencaharian. Kondisi ini perlu menjadi perhatian pemerintah,” lanjutnya.

Sebelumnya, PSSI dan PT LIB sudah merencanakan kompetisi Liga 1 2021/22 akan bergulir pada 9 Juli 2021, namun rencana tersebut terpaksa ditunda karena naiknya angka kasus positif Covid-19 di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dan Bali.

Lebih jauh La Nyalla menyebutkan, karena kompetisi sepak bola di . . . Gabung . . . Indonesia sudah lama vakum maka banyak pemain yang terpaksa banting setir menjadi satpam, pengemudi ojek online, hingga pedagang kaki lima, demi tetap menghidupi keluarganya.

“Ironisnya, di tengah banyaknya bantuan untuk masyarakat terdampak pandemi, mereka ini seperti terlewat, tidak mendapat bantuan karena dipandang sebagai orang berpenghasilan layak,” ujar La Nyalla.

La Nyalla juga menilai, seharusnya kompetisi sepak bola masih tetap bisa berjalan meski di tengah pandemi karena para pelaku sepak bola sudah bisa membuktikannya saat ajang turnamen Piala Menpora 2021 yang digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Setahu saya para pemain, ofisial, dan perangkat pertandingan telah berkali-kali melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan saat menjalani kompetisi,” ucap La Nyalla.

“Seperti saat gelaran Piala Menpora beberapa waktu lalu, kemudian liga-liga di negara lain yang sudah berjalan juga pastinya menjadi acuan,” tegasnya.

“Kita tetap ingin kompetisi bisa digelar dengan aman dan nyaman. Kita tidak berharap sebaliknya. Tapi apapun keputusan nanti, perlu dikomunikasikan dengan baik kepada klub-klub peserta Liga,” tutup La Nyalla.

x

Check Also

Prediksi Borneo FC vs Barito Putera, BRI Liga 1 17 September 2021

Bekasi – Borneo FC akan menjamu Barito Putera pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021/22, ...