Home > Berita Liga Spanyol > Kontrak Messi Yang Rumit Bisa Dikenakan Kasus Penggelapan Pajak

Kontrak Messi Yang Rumit Bisa Dikenakan Kasus Penggelapan Pajak

Kasus kontrak baru Lionel Messi mungkin lebih rumit dari dugaan awal. Rintangan finansial Barcelona begitu sulit, bukan hanya soal gaji. Messi berstatus free transfer per 1 Juli 2021 lalu. Barca tidak sempat membuat Messi meneken kontrak baru karena negosiasi yang berjalan panjang, plus ada masalah finansial.

Barca harus berhati-hati dalam rancangan kontrak baru Messi kali ini. Kalau salah langkah, Blaugrana mungkin menyalahi aturan pajak dan Messi bisa dijatuhi hukuman berat. Kontrak baru Messi kali ini dipengaruhi oleh begitu banyak faktor. Mengutip Sport, media Spanyol, Expansion, telah mencoba menganalisis kondisi keuangan Barca lewat konsultasi dengan financial adviser.

Menurut analisis itu, Barca harus mendapatkan 400 juta euro dari penjualan pemain dan pemotongan gaji musim panas ini. Angka itu sangat besar untuk Barca. Karena itu sampai sekarang Messi belum bisa meneken kontrak. Barca tidak bisa menawarkan kontrak kalau kondisi keuangan klub belum ideal.

Terlebih, baru-baru ini muncul kabar kalau Barca menawarkan kontrak 2 tahun sebagai pemain tapi dibayarkan dalam durasi 5 tahun. Artinya, di 3 tahun sisa Messi akan berperan sebagai ambassador klub. Kontrak seperti ini ternyata menyalahi . . . Gabung . . . aturan finansial La Liga dan fair play. Karena kalau begitu Messi tidak perlu membayar pajak di Spanyol untuk tiga tahun sisanya sebagai ambassador.

Kondisi ini termasuk dalam penggelapan pajak, Barca dan Messi bisa dijatuhi hukuman berat. Bahkan Messi mungkin terancam hukuman penjara kalau penggelapannya terbilang besar. Singkatnya, walau Messi tidak bermaksud menggelapkan pajak, dia bisa secara tidak sengaja melakukan pelanggaran hukum itu kalau ada kesalahan dalam klausul kontrak.

Selain itu, Expansion juga menganalisis kalau Barca hanya bisa menggunakan sekitar 25% dari total uang yang berhasil dihemat. Katakanlah Barca bisa menjual pemain seharga 40 juta euro, mereka hanya bisa menggunakan 10 juta euro untuk membeli pemain baru. Artinya, Barca harus menjual banyak pemain sekagligus.

x

Check Also

Deal Manchester United Bantu Real Madrid Semakin Dekat Dengan Mbappe

Kepergian Raphael Varane ke Manchester United tidak seharusnya disesali Real Madrid. Pasalnya, transfer pemain itu ...