Home > Berita Euro > Kemenangan Italia Bermula Dari Ditariknya Baju Bukayo Saka Oleh Chiellini

Kemenangan Italia Bermula Dari Ditariknya Baju Bukayo Saka Oleh Chiellini

Final Euro 2020 kemarin menyisakan sejumlah cerita menarik. Salah satunya adalah momen Giorgio Chiellini menjatuhkan Buyako Saka di akhir waktu normal. Saat itu Saka kelihatan berhasil melewati Chiellini di sisi kiri pertahanan Italia. Tapi, Chiellini tidak membiarkannya lewat begitu saja. Dia kalah berlari, tapi tangannya masih bisa menarik kerah jersey Saka dan menjatuhkan winger muda Inggris itu. Jelas pelanggaran, Chiellini menerima kartu kuning.

Sekilas pelanggaran ini kelihatan ceroboh, terlebih karena Chiellini memang kalah langkah. Tapi, malah momen inilah yang jadi awal Italia jadi juara. Momen pelanggaran Chiellini terhadap Saka itu juga diperhatikan oleh Jose Mourinho. Menurut Mou, saat Chiellini menarik jatuh Saka, saat itulah terbukti betapa tangguhnya kualitas pertahanan Italia.

Baca Juga : Leonardo Bonucci Ejek Ronaldo Dan Pogba Dengan Minum Soda Dan Bir Saat Konpers

“Apa yang dilakukan Chiellini terhadap Saka membuktikan segalanya,” kata Mourinho.

“Dia membuat satu-satunya kesalahan dalam pertandingan, dia kalah dalam putar balik, Saka siap berlari, tapi Chiellini berkata: ‘Anda tidak boleh berlari, tetap bersama saya, jersey ini milik saya dan Anda . . . Gabung . . . tidak bisa berlari’.”

“Dia tahu betul apa yang dia lakukan. Ini adalah permainan bek level top dan permain yang sangat cerdas,” katanya.

Mourinho sudah pernah memuji kualitas Chiellini dan Bonucci sebagai pasangan bek tengah luar biasa. Dua pemain ini mungkin tidak lagi muda, tapi saat dibutuhkan tim, mereka tahu caranya menjaga pertahanan.

“Saya pernah melawan Juventus saat masih melatih Manchester United beberapa tahun lalu. Setelah pertandingan di Old Trafford, saya berkata: ‘Dua pemain ini seharusnya pergi ke University of Sports dan memberi kuliah soal bagaimana cara jadi bek tengah,” kata Mourinho.

“Sekarang, beberapa tahun setelahnya, mereka berdua masih bisa melakukan itu. Mungkin Chiellini tidak bisa terus-menerus melakukannya, terkadang dia butuh istirahat. Tapi, dia siap saat dibutuhkan di level tertinggi,” katanya.

x

Check Also

Chiellini

Apa Benar Buyako Saka Dikutuk Chiellini Sehingga Gagal Pinalti

Giorgio Chiellini, Kapten Italia, bisa jadi ikut berperan dalam kegagalan bintang muda Inggris, Bukayo Saka ...