Home > Berita Liga Spanyol > Keinginan Barca Terhadap Messi Makan Korban Termasuk Pemain Termahal Dalam Sejarah

Keinginan Barca Terhadap Messi Makan Korban Termasuk Pemain Termahal Dalam Sejarah

Barcelona sedang dikejar waktu untuk mendapatkan kembali tanda tangan Lionel Messi. Seperti diketahui, Lionel Messi saat ini berstatus free-transfer setelah kontraknya di Barcelona habis per 30 Juni 2021. Media-media Spanyol mengabarkan Barcelona menjadi klub terdepan untuk ‘merekrut kembali’ sang megabintang asal Argentina.

Walau begitu, kondisi keuangan Barcelona yang carut marut membuat pemberian kontrak baru untuk Messi akan melewati jalan terjal. Proses negosiasi Messi dan Barcelona terhalang masalah peraturan finansial fair play di Liga Spanyol. Sebelum mendapatkan tanda tangan Messi, Barcelona harus lebih dulu mengurangi anggaran gaji pemain karena nilainya sudah melebihi ambang batas.

Anggaran gaji sang raksasa Catalunya pada musim 2019-2020 mencapai 671 juta euro (Rp 11,5 triliun). Sementara itu, peraturan baru LaLiga menetapkan limit anggaran upah per klub adalah 382,7 juta euro. Barcelona harus mengurangi setidaknya 200 juta euro agar sesuai dengan aturan pembatasan gaji LaLiga.

Sekarang Joan Laporta harus memutar otaknya sangat keras melakukan penghematan sampai 200 juta euro, sekaligus juga mewujudkan ambisi Barcelona untuk memberi kontrak baru untuk Messi. Setidaknya ada 9 pemain yang sudah dan akan dilego demi penghematan itu. Barcelona sudah melepas 5 pemainnya ke klub lain yaitu Junior Firpo (Leeds United), Franscisco Trincao (Wolves), Konrad de la Fuente (Marseille), Jean-Claire Todibo (Nice) dan Matheus Fernandes.

Dengan melepas 5 pemain itu, Barcelona sudah berhemat sampai 25 juta euro (dari gaji). Tapi penjualan 5 pemain itu saja tidak cukup, sekarang Barcelona sedang memutuskan untuk menjual beberapa pemainnya lagi. Laporan itu menyebutkan 3 pemain bintang yang akan dilepas yaitu Miralem Pjanic, Philippe Coutinho dan Samuel Umtiti.

Klub mendesak 3 pemain bintang itu pergi dengan menerbitkan surat pembebasan kontrak. Dua pemain, Pjanic dan Umtiti menolak dengan keras surat . . . Gabung . . . itu. Sehingga solusi ideal dari Barcelona untuk Umtiti dan Pjanic adalah peminjaman. Setidaknya peminjaman Umtiti dan Pjanic akan membebaskan 36 juta euro untuk Barcelona. Sementara itu, Philippe Coutinho yang merupakan pemain termahal Barcelona sepanjang sejarah juga akan dilepas, walau tidak ada klub yang meminatinya.

Coutinho diketahui ditransfer Barcelona dari Liverpool senilai 145 juta euro pada Januari 2018 lalu. Barcelona sekarang masih mencari klub yang berminat dan mampu membayar gajinya yang senilai 14 juta euro per tahun. Kalau berhasil ditransfer ke klub lain, Barca akan berhemat 28 juta euro dari gaji Coutinho yang masih punya sisa kontrak 2 tahun.

Dikutip dari media-media Spanyol, Barcelona mungkin akan mempertimbangkan menjual Antoine Griezmann. Hal ini dikarenakan Griezmann menjadi salah satu pemilik gaji tertinggi di Barcelona. Keputusan ‘bersih-bersih’ Barcelona dengan melego 9 pemain di atas belum juga cukup untuk menghemat 200 juta euro seperti ketentuan yang harus dipenuhi sebagai batasan gaji dari LaLiga.

Apalagi untuk memberi kontrak baru Lionel Messi dan membayarkan gajinya. Messi sendiri merupakan adalah atlet dengan gaji tertinggi sejagat. Bayangkan saja, bayaran Messi di Barcelona menyentuh angka 10,5 juta euro atau sekitar Rp 179 miliar per bulan! Saat meneken kontrak terakhirnya pada 2017, pria kelahiran Rosario itu mendapat total bayaran mencapai 555.237.619 euro (Rp 9,4 triliun).

x

Check Also

Real Madrid Gagal Bertarung Dengan Athletic Bilbao Karena Keputusan FIFA

Madrid – pada akhir pekan seharusnya Real Madrid seharusnya dijadwalkan berjumpa dengan Athletic Bilbao di ...