Home > Berita Euro > Jose Mourinho Sarankan Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci Jadi Dosen Universitas Harvard

Jose Mourinho Sarankan Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci Jadi Dosen Universitas Harvard

Jakarta – Timnas Italia sukses menjadi juara Piala Eropa 2020 setelah di laga final menyingkirkan Inggris dengan skor 3-2 melalui adu penalti usai skor tetap berimbang 1-1 di laga 120 menit.

Inggris mampu unggul lebih dulu melalui gol cepat Luke Shaw pada menit ke-2, namun Italia mampu menyamakan skor menjadi 1-1 melalui gol bek senior Leonardo Bonucci di menit ke-67.

Kemenangan Italia ini menjadi semakin istimewa karena mereka raih di kandang Inggris, di Stadion Wembley, London.

Kesuksesan Italia hingga mampu meraih Piala Eropa yang kedua kalinya ini salah satunya adalah karena kuatnya benteng pertahanan Gli Azzurri yang dijaga oleh duo bek senior, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci.

Sebelum mencapai final, Italia bahkan mencatatkan performa yang cukup mentereng yakni belum terkalahkan di 33 laga sebelumnya.

Meski Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci telah berusia di atas 30 tahun namun pengalaman dan kemampuan mereka membuat Italia menjadi sebagai salah satu tim dengan pertahanan terkuat di Euro 2020.

Sejak babak penyisihan grup hingga final, gawang Italia juga baru kebobolan dengan 4 gol.

Selain sebagai benteng yang tangguh, Chiellini dan Bonucci juga sering menjadi solusi dan pemecah kebuntuan di saat . . . Gabung . . . barisan penyerang Italia sulit untuk mencetak gol.

Hal ini juga dibuktikan lewat gol yang dicetak ke gawang Inggris pada menit ke-67 oleh Leonardo Bonucci.

Kehebatan duo bek senior Italia ini juga sudah lama dikagumi oleh pelatih kawakan, Jose Mourinho.

Bahkan pada 2018 lalu, Jose Mourinho sempat mengusulkan agar Chiellini dan Bonucci diangkat menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia, Universitas Harvard.

Menurut Mourinho, Chiellini dan Bonucci bisa mengajarkan bagaimana cara menjadi bek tengah yang baik.

“Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini, mereka bisa pergi ke Universitas Harvard untuk memberikan kelas tentang bagaimana menjadi bek tengah,” ucap Jose Mourinho.

“Mereka berkualitas. Ketika saya mengatakan kualitas, saya tidak hanya mengatakan pemain itu kreatif. Chiellini-Bonucci, sangat indah untuk dilihat,” lanjut Mourinho.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...