Home > Berita Euro > Italia Sukses Kalahkan Inggris Melalui Adu Penalti Di Final Euro 2020 3-2

Italia Sukses Kalahkan Inggris Melalui Adu Penalti Di Final Euro 2020 3-2

Inggris – Laga Timnas Italia berhasil mengalahkan Timnas Inggris melalui adu penalti dalam pertandingan final Euro 2020 di Stadion Wembley, Senin (12/07/2021) dini hari WIB.

 

Dalam laga final ini gol Timnas Inggris dicetak oleh Luke Shaw dan gol Timnas Italia dihasilkan Leonardo Bonucci. Jalannya pertandingan berlangsung dengan imbang di waktu normal dan extra time, penentuan pemenang akhirnya harus ditentukan melalui adu penalti.

Babak Pertama

Pada babak pertama Italia yang melakukan kickoff langsung menekan Inggris. Namun, Inggris yang akhirnya lebih dahulu sukses mencetak gol di menit kedua. Luke Shaw berhasil memanfaatkan serangan balik The Three Lions dengan tendangan keras kaki kirinya setelah memanfaatkan umpan crossing matang Trippier dari sisi kanan.

Meskipun Inggris menurunkan tempo permainan , Italia masih kesulitan untuk menembus pertahanannya. Pada akhirnya babak pertama berakhir tanpa ada gol tambahan, Inggris unggul 1-0 atas Italia.

Babak Kedua

Pada babak kedua drama terjadi pada menit ke-48, Sterling mengejar umpan Shaw. Namun ia kemudian terlihat jatuh di area kotak penalti. Para pemain Inggris bersikukuh Sterling dilanggar Bonucci. Namun wasit Bjorn Kuipers tak melihat ada pelanggaran terjadi. Play on. Namun dari tayangan ulang, terlihat pergerakan Sterling memang diganggu oleh Bonucci.

Akhirnya Italia berhasil mencetak gol penyeimbang pada menit ke-67. Bonucci menjebol gawang Inggris dengan tendangan kaki kirinya, memanfaatkan kemelut dari sepak pojok dari sisi kiri yang dieksekusi Insigne.Italia sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pada menit ke-85 , pemain Italia Chiesa mengalami cedera dan terpaksa digantikan Bernardeschi pada menit ke-85.Hingga waktu normal berakhir belum ada gol tambahan yang tercipta, skor berakhir imbang Italia 1-1 Inggris, akhirnya laga dilanjutkan ke babak extra time.

Extra Time

Pada menit ke-103, Italia mendapat peluang apik. Emerson sukses melepas umpan crossing dari sisi kiri. Bola gagal diraih Bernardeschi, namun bisa dihalau Pickford. Untungnya bola rebound gagal disambar pemain Italia lainnya. Bola akhirnya keluar lapangan setelah terjadi kemelut.Tidak ada gol yang tercipta pada babak pertama extra time.

Pada awal extra time babak kedua, Italia mendapat peluang melalui free kick jarak jauh Bernardeschi. Bola tendangan mengarah . . . Gabung . . . tepat ke tengah dan bisa dihalau Pickford. Bola sempat terlepas namun sebelum disambar pemain Italia, ia bisa mengamankan si kulit bundar.

Hingga babak kedua ekstra time tidak ada gol tambahan yang tercipta akhirnya laga antara Italia vs Inggris berlanjut ke babak penalti.

Adu Penalti

Eksekutor pertama Italia Domenico Berardi dirinya berhasil mengecoh Pickford dan menghasilkan gol. Eksekutor pertama Inggris adalah Harry Kane yang sukses menghasilkan gol. Skor sama 1-1.

Andrea Belotti jadi penendang kedua Italia. Pickford membaca arah bola dengan baik dan menghalang bola. Harry Maguire menjadi penendang kedua Inggris dan sukses menambah gol 1-2.

Leonardo Bonucci jadi eksekutor ketiga Italia dan sukses menghasilkan gol. Marcus Rashford jadi eksekutor berikutnya bagi Inggris namun bola membentur tiang kanan skor menjadi 2-2.

Penendang keempat timnas Italia Federico Bernardeschi berhasil mencetak gol. Jadon Sancho menjadi eksekutor Inggris berikutnya namun bola berhasil ditepis oleh Donnarumma.Skor unggul untuk Italia 3-2.

Jorginho menjadi eksekutor kelima Timnas Italia dan bola berhasil ditepis. Bukayo Saka menjadi penendang kelima Timnas Inggris dan bola juga berhasil ditepis oleh Donnarumma. Babak penalti berakhir dan kemenangan untuk Italia 3-2.

Baca juga : Bahaya, Jelang Final Euro 2020 Ada 3 Orang di Timnas Italia Positf Covid-19

Susunan Pemain:
Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti; Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne.

Pelatih: Roberto Mancini

Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Kalvin Phillips, Declan Rice, Luke Shaw; Mason Mount, Raheem Sterling; Harry Kane.

Pelatih: Gareth Southgate

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...