Home > Berita Euro > Ini Kata Mancini Bagaimana Membuat Timnas Spanyol Menderita

Ini Kata Mancini Bagaimana Membuat Timnas Spanyol Menderita

Tidak mudah buat Italia untuk mengalahkan Spanyol dalam pertandingan semifinal Euro 2020 yang diadakan pada Rabu (7/7/2021) dinihari tadi. Apa yang terjadi kepada mereka sepanjang pertandingan? Babak pertama berjalan tidak mudah buat Gli Azzurri. Mereka dibuat kesulitan menguasai bola, apalagi melakukan serangan. Italia baru bisa mencatatkan tembakan menjelang akhir babak pertama lewat aksi Emerson Palmieri.
Beberapa peluang emas didapatkan di babak kedua. Pada akhirnya, mereka mencetak gol lewat aksi Federico Chiesa di menit ke-60. Sayangnya, skor kembali imbang setelah gawang Italia dijebol Alvaro Morata pada menit ke-80.

Skor imbang 1-1 tidak mengalami perubahan di sisa menit waktu normal dan babak perpanjangan waktu. Italia baru dinyatakan sebagai pemenang dalam drama adu penalti setelah dua eksekutor Spanyol gagal menunaikan tugasnya.

Italia pernah merasakan kemenangan setelah menjalani babak perpanjangan waktu saat melawan Austria di 16 besar. Tapi, kemenangan lewat drama adu penalti, itu adalah kali pertama mereka merasakannya. Kalau melihat pertandingan-pertandingan sebelumnya, Italia selalu tampil lebih dominan ketimbang lawannya.
Kali ini berbeda. Lalu apa yang membuat Gli Azzurri menderita ketika bertemu Spanyol?

“Mereka menciptakan masalah buat kami dengan pergantian ini, tapi kami berkoordinasi dengan tepat dan tidak mengambil resiko terlalu banyak,” kata sang pelatih, Roberto Mancini, kepada RAI Sport setelah pertandingan.

“Kami tahu sejak awal . . . Gabung . . . kalau Spanyol adalah master dalam penguasaan bola, jadi mereka menciptakan masalah buat kami, tapi kami harus menyesuaikan diri dan berjuang keras,” katanya.

Pada akhirnya, kemenangan lewat drama adu penalti membuat Italia berhak melaju ke babak final. Sebuah pencapaian yang tidak diduga-duga mengingat mereka sempat terpuruk pada tahun 2017 lalu. Italia, saat masih diasuh Gian Piero Ventura pada tahun itu, gagal mendapatkan tempat di ajang Piala Dunia 2018 karena tersingkir sedari babak kualifikasi.
Transformasi besar-besaran ini membuktikan kalau Italia tak salah menunjuk Mancini. Tapi Mancini tidak mau menerima pujian yang terlalu besar, dan mengatakan kalau itu lebih pantas diberikan kepada para pemainnya.

“Pujian untuk para pemain, karena mereka percaya pada semua ini tiga tahun lalu.”

“Tapi ini semua belum berakhir. Kami harus mengumpulkan kekuatan, apa saja yang tersisa, dan mempersiapkan diri untuk bermain di laga final nanti,” katanya.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...