Home > Berita Euro > Inggris Cetak Sejarah Lolos ke Final Euro Pertama Kalinya

Inggris Cetak Sejarah Lolos ke Final Euro Pertama Kalinya

London – Timnas Inggris berhasil mencetak sejarah baru setelah berhasil lolos ke babak final Euro 2020, usai mengalahkan Denmark dengan skor 2-1 di laga semifinal yang digelar di Stadion Wembley, London, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.

Pada laga tersebut, Denmark berhasil unggul terlebih dahulu melalui tendangan bebas yang dilakukan Mikkel Damsgaard di menit ke-30.
9 menit kemudian, Inggris berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 lewat bunuh diri dari Simon Kjaer.

Skor imbang 1-1 tersebut bertahan hingga akhir babak kedua, sehingga laga harus diteruskan dengan perpanjangan waktu 2×15 menit.

Pada menit ke-104, tim asuhan Gareth Southgate mendapat hadiah penalti setelah VAR menilai Raheem Sterling dilanggar.

Tendangan penalti yang dilakukan Harry Kane awalnya mampu ditepis oleh kiper Kasper Schmeichel, namun Kane dengan cepat menyambar bola rebound tersebut, dan gol.

Keberhasilan Inggris mencapai babak final Euro 2020 ini menjadi catatan sejarah baru bagi The Three Lions karena sebelumnya Inggris hanya mampu bertahan hingga di babak semifinal.

Pada Euro 1996 lalu, Inggris gagal melaju ke babak final setelah kalah dari Jerman . . . Gabung . . . melalui adu penalti.

Sementara itu, prestasi tertinggi Inggris yakni satu kali menjadi juara Piala Dunia di tahun 1966 setelah mengalahkan Jerman dengan skor 4-2 lewat perpanjangan waktu.

“Saya sangat bangga dengan para pemain. Ini adalah kesempatan yang luar biasa. Para suporter sangat luar biasa malam ini,” kata Gareth Southgate.

“Kami mengatakan kepada para pemain bahwa semua harus menunjukkan kekuatan, pemain harus berkembang dan kami melakukan itu,” tegasnya.

Di laga final Euro 2020 nanti, Inggris akan berhadapan dengan Italia yang sebelumnya menyingkirkan Spanyol melalui adu penalti.

Laga final Inggris vs Italia akan digelar di Stadion Wembley, London, pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

x

Check Also

Chiellini

Apa Benar Buyako Saka Dikutuk Chiellini Sehingga Gagal Pinalti

Giorgio Chiellini, Kapten Italia, bisa jadi ikut berperan dalam kegagalan bintang muda Inggris, Bukayo Saka ...