Home > Berita Euro > Hasil Pertandingan Italia vs Spanyol 1-1 Pinalti 4-2

Hasil Pertandingan Italia vs Spanyol 1-1 Pinalti 4-2

Italia berhak lolos ke final Euro 2020 setelah menyingkirkan Spanyol lewat babak adu penalti dengan skor 1-1 (4-2) dalam partai semifinal yang diadakan di Wembley, London, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. Skor imbang 1-1 menjadi hasil di waktu normal.
Italia memimpin lebih dulu berkat gol Federico Chiesa pada menit ke-60. Spanyol baru bisa menyamakan skor lewat aksi Alvaro Morata 20 menit berselang.

Tidak ada gol yang tercipta sepanjang 2×15 menit masa extra time. Pemenang pertandingan pun harus ditentukan lewat adu tendangan penalti. Di sinilah Italia menjadi tim yang dinaungi dewi fortuna. Kegagalan eksekusi Morata membuat Italia di atas angin.
Jorginho sebagai penendang terakhir pun memastikan kemenangan serta kelolosan Gli Azzurri ke final.

Pertandingan sudah berlangsung menarik sejak awal babak pertama. Italia mendapat peluang pertama saat aksi Nicolo Barella digagalkan tiang gawang. Barella sendiri ternyata sudah berdiri dalam posisi offside. Setelah itu, penguasaan bola dikuasi oleh Spanyol.
Dani Olmo pun sempat memiliki peluang emas untuk membuka keunggulan timnya. Sayang, tembakannya masih bisa dihalau Gianluigi Donnarumma.

Di akhir babak pertama, Emerson hampir saja membawa Italia unggul andai usahanya tidak digagalkan mistar gawang. Skor imbang tanpa gol pun menjadi hasil sementara saat pertandingan memasuki jeda turun minum. Kembali dari kamar ganti, Spanyol kembali memegang kendali permainan.
Sergio Busquets memperoleh peluang bagus untuk mencetak gol pada menit ke-52, sayang tembakannya masih melambung tipis di atas gawang Donnarumma.

Satu jam pertandingan berjalan, Italia akhirnya sukses memecah kebuntuan lewat aksi brilian Chiesa. Mendapat bola liar di tepi kotak penalti, bintang Juventus itu melakukan satu dua sentuhan sebelum melepas tembakan melengkung yang tidak bisa dijangkau Unai Simon.
Spanyol pun langsung tersengat dengan gol Chiesa ini. Sayang, Mikel Oyarzabal gagal meneruskan umpan Koke, walau begitu dengan aksi Olmo yang masih gagal membuahkan gol.

Italia hampir saja menggandakan keunggulan pada menit ke-68 ketika Berardi lolos dari jebakan offside saat menerima umpan terobosan Chiesa. Sayang, tembakannya masih bisa dimentahkan Simon. Perjuangan Spanyol untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan . . . Gabung . . . hasil pada menit ke-80 lewat aksi Morata yang baru masuk sejak pertengahan babak kedua.
Mendapat bola di lini tengah, Morata melakukan akselerasi dan kerja sama satu-dua dengan Olmo. Morata pun dengan dingin sukses menaklukkan Donnarumma untuk membuat skor menjadi sama kuat 1-1.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta dari Italia dan Spanyol di sisa waktu normal. Skor imbang 1-1 pun memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak extra time. Sekali lagi, duel kedua tim kembali berjalan cukup alot di babak extra time. Donnarumma melakukan dua penyelamatan bagus untuk menggagalkan peluang Spanyol.
Domenico Berardi sempat mencetak gol pada menit ke-110. Tapi, gol ini dianulir karena penyerang sayap Sassuolo itu sudah lebih dulu berdiri dalam posisi offside.

Skor 1-1 tetap bertahan sampai masa extra time berakhir. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu tendangan penalti. Di sinilah Italia menjadi tim yang lebih beruntung. Penendang pertama kedua tim sama-sama menemui kegagalan. Setelah serangkaian sukses, Morata menjadi pesakitan saat eksekusinya bisa dimentahkan Donnarumma.
Jorginho yang bertindak sebagai algojo terakhir Italia sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Italia pun menjadi pemenang dengan skor 4-2.

Susunan Pemain

Italia: Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson (Rafael Toloi 74′); Nicolo Barella (Manuel Locatelli 85′), Jorginho, Marco Verratti (Matteo Pessina 74′); Federico Chiesa (Federico Bernardeschi107′), Ciro Immobile (Domenico Berardi 61′), Lorenzo Insigne (Andrea Belotti 85′).

Spanyol: Unai Simon; Cesar Azpilicueta (Marcos Llorente 85′), Eric Garcia (Pau Torres 109′), Aymeric Laporte, Jordi Alba; Koke (Rodri 70′), Sergio Busquets (Thiago Alcantara 106′), Pedri; Ferran Torres (Alvaro Morata 62′), Mikel Oyarzabal (Gerard Moreno 70′), Dani Olmo.

x

Check Also

Chiellini

Apa Benar Buyako Saka Dikutuk Chiellini Sehingga Gagal Pinalti

Giorgio Chiellini, Kapten Italia, bisa jadi ikut berperan dalam kegagalan bintang muda Inggris, Bukayo Saka ...