Home > Berita Euro > Gagal Pada Dua Kali Semifinal Euro, Akankah Jadi Yang ke-3 Buat Inggris

Gagal Pada Dua Kali Semifinal Euro, Akankah Jadi Yang ke-3 Buat Inggris

Timnas Inggris lolos ke babak semifinal Euro 2020. Inggris pun sangat diunggulkan untuk lolos ke final. Tapi, kalau mengacu pada rekor di Euro, maka Inggris punya catatan buruk di babak semifinal. Inggris lolos ke semifinal Euro 2020 usai menang 4-0 atas Ukraina. Inggris lolos dengan catatan yang sangat impresif. Bukan hanya belum pernah kalah, tim racikan Gareth Southgate juga belum pernah kebobolan.

Pada babak semifinal, Inggris akan berjumpa tim ‘kuda hitam’Denmark. Pertandingan ini akan diadakan di Wembley, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. Inggris akan menjadi tuan rumah dan menjadi unggulan. Tapi, Inggris punya rekor buruk di semifinal Euro.

Inggris adalah juara Piala Dunia 1966. Dua tahun kemudian, Inggris jadi unggulan di Euro 1968 yang diadakan di Italia. Inggris lolos ke babak semifinal dan berjumpa dengan Yugoslavia. Inggris tidak diperkuat dua pemain kunci, Geoff Hurst dan Nobby Stiles.

Pertandingan Inggris melawan Yugoslavia berjalan sengit. Tidak ada gol yang tercipta sampai menit ke-86. Setelah itu, Dragan Dzajic mampu menerobos pertahanan Bobby More dan mencetak gol. Yugoslavia unggul 1-0 dan skor bertahan sampai pertandingan selesai. Inggris gagal menggabungkan gelar juara Piala Dunia 1966 dan Euro 1968.

Inggris harus menunggu cukup lama untuk bisa kembali ke semifinal Euro. Momen itu terjadi pada Euro 1996, saat Inggris menjadi tuan rumah. Saat itu, Inggris yang dilatih Terry Venables, berjumpa Jerman.

Bermain di Wembley, . . . Gabung . . . Inggris lebih dulu unggul lewat aksi Alan Shearer. Tapi, Jerman segera menyamakan kedudukan lewat aksi Stefan Kuntz. Skor imbang 1-1 pun bertahan sampai waktu normal dan babak tambahan usai.

Pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti. Pada babak ini, lima penendang awal Inggris dan Jerman mampu mencetak gol. Skor imbang 5-5. Gareth Southgate, manajer Inggris saat ini, jadi penendang keenam dan gagal. Sementara, Andreas Muller sebagai penendang keenam Jerman menjalankan tugas dengan sempurna. Jerman menang adu penalti 6-5.

Inggris belum pernah menjadi juara Euro. Capaian terbaik mereka adalah mencapai babak semifinal dan Gareth Southgate menjadi bagian dari sejarah itu. Southgate sekarang punya peluang untuk ‘menebus dosa’ yang terjadi pada Euro 1996 silam. Southgate bisa jadi pahlawan bagi Inggris kalau mampu mengalahkan Denmark pada pertandingan semifinal Euro 2020, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB di Wembley.

Tapi, kalau Inggris kembali gagal di semifinal Euro 2020, maka Southgate akan mengulang kegagalan yang diukirnya 25 tahun yang lalu.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...