Home > Berita Liga Spanyol > Fans Barcelona Siap Kecewa Karena Messi Mungkin Absen Sampai Januari 2022

Fans Barcelona Siap Kecewa Karena Messi Mungkin Absen Sampai Januari 2022

Lionel Messi masih berstatus sebagai pengangguran setelah kontraknya bersama Barcelona berakhir sejak 30 Juni 2021. Pasalnya, Barcelona belum memberikan pengumuman resmi tentang perpanjangan kontrak Lionel Messi walaupun sang pemain dikabarkan sudah menyetujui kesepakatan baru. Lionel Messi dikabarkan sudah menyepakati kontrak baru berdurasi lima tahun bersama Barcelona yang akan membuatnya menerima pemotongan gaji 50 persen.

Tapi, dengan disetujuinya kesepakatan itu, tidak serta merta membuat Lionel Messi bisa langsung memperkuat Barcelona. Barcelona dilaporkan terbentur aturan finansial LaLiga yang membuat Lionel Messi terancam tidak bisa bermain setidaknya sampai Januari 2022. Menurut laporan ESPN, Barcelona perlu memangkas tagihan upah mereka agar sesuai dengan aturan finansial LaLiga.

Pada 2013, LaLiga memperkenalkan langkah-langkah pengendalian finansial dengan menetapkan jumlah biaya maksimum pengeluaran untuk skuad. Besaran biaya maksimum itu disesuaikan dengan performa keuangan klub masing-masing. Kalau tidak bisa memenuhi persyaratan itu, maka klub peserta LaLiga tidak bisa mendaftarkan pemainnya untuk kompetisi pada musim depan.

Barcelona sebenarnya mendapatkan batasan yang melampaui klub-klub lain karena merupakan tim dengan pendapatan terbesar. Pada musim 2020-2021, batasan pengeluaran Barcelona adalah 382,7 juta euro atau sekitar Rp 6,5 triliun. Adapun pada musim 2021-2022, batasan pengeluaran diperkirakan akan diperkecil menjadi hanya sekitar 160 juta euro (sekitar Rp 2,7 triliun).

Barcelona merupakan salah satu klub yang memiliki beban upah tertinggi . . . Gabung . . . di dunia. Pada musim 2019-2020, Barcelona memiliki tagihan untuk membayar gaji pemainnya sampai 670 juta euro (sekitar Rp 11,46 triliun). Dengan begitu, Barcelona harus mengurangi pengeluaran mereka untuk memastikan mereka mematuhi batas pengeluaran LaLiga pada musim 2021-2022.

Menurut laporan ESPN, Barca memiliki waktu sampai akhir jendela transfer pada 31 Agustus 2021 untuk merampungkan masalah ini. Tapi, Barca dikabarkan ingin menyelesaikannya sebelum 15 Agustus 2021. Kalau Barca menemui kegagalan untuk mengatur keuangan mereka, maka hal itu bisa membuat Messi tidak dapat bermain sampai setidaknya Januari 2022.

Hal itu sebelumnya pernah terjadi dengan pemain Getafe, Pedro Leon, pada tahun 2014. Leon saat itu tidak dapat bermain selama beberapa bulan pertama setelah Getafe melebihi batas gaji 17 juta euro (sekitar Rp 289,5 miliar). Selain Messi, pemain baru Barcelona seperti Sergio Aguero, Memphis Depay, Eric Garcia, dan Emerson Royal terancam mengalami hal yang sama.

x

Check Also

Diego Simeone Menyoroti Kartu Merah Yang Didapatkan Joao Felix

Madrid – Pada Sabtu (18/9/2021) Atletico Madrid menjamu Athletic Bilbao berakhir dengan hasil seri 0-0.Pelatih ...