Home > Berita Euro > Euro 2020: Semifinal Italia vs Spanyol, Laga Antar Formasi Dan Ideologi Yang Sama

Euro 2020: Semifinal Italia vs Spanyol, Laga Antar Formasi Dan Ideologi Yang Sama

Pertandingan semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol diprediksi akan berjalan cukup seru. Penyerang Italia, Federico Chiesa, menilai dua tim yang akan bertanding punya ideologi bermain yang hampir sama. Italia akan berjumpa Spanyol pada semifinal Euro 2020, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

Pertandingan ini akan diadakan di Wembley. Tim yang meraih kemenangan akan bertanding di final untuk berjumpa Inggris atau Denmark. Italia lolos ke semifinal setelah menang atas Belgia dengan skor 2-1. Sementara, Spanyol melewati perlawanan sengit Swiss pada babak perempat final. Spanyol harus berjuang sampai babak adu penalti sebelum memastikan tempat di babak semifinal.

Menurut Chiesa, Spanyol dan Italia bermain dengan formasi dasar yang sama. Tapi, kalau Spanyol statis dengan formasi yang dipakai, Italia bergerak lebih cair. Italia menyesuaikan dengan situasi di lapangan.

“Spanyol memainkan 4-3-3 sementara kami lebih dinamis di lapangan. Kami mengubah posisi dan peran di fase menyerang dan bertahan,” kata Chiesa dikutip dari situs resmi UEFA.

Bukan hanya dari sisi formasi, Chiesa juga merasa Spanyol dan Italia punya cara bermain yang sama. Kedua tim punya kecenderungan untuk menguasai bola lebih banyak dari lawan dan melakukan pressing di wilayah lawan.

“Kami hampir memiliki ideologi yang sama, menjaga penguasaan bola, high press, berusaha mendominasi lawan. Kemudian jelas, permainan di lapangan . . . Gabung . . . berkembang dengan cara yang berbeda,” kata Chiesa.

Pertandingan Italia vs Spanyol, kalau dimainkan, membuat Chiesa akan berjumpa dengan rekan satu timnya di Juventus yaitu Alvaro Morata. Chiesa mengaku punya hubungan yang baik dengan bomber utama timnas Spanyol itu.

“Kami sudah berbincang dengannya [sambil tertawa]; kami mengucapkan selamat untuk gol yang dicetak dan kami akan menyapa sebelum pertandingan,” kata Chiesa.

“Saya menyukainya. Saat saya tiba di Juventus tahun ini, dia adalah salah satu yang paling membantu saya untuk bergaul dengan tim. Akan menyenangkan bertemu dengannya di semifinal,” jelas Chiesa.

Jadwal Italia vs Spanyol

Pertandingan Italia vs Spanyol menjadi semifinal yang ideal. Kedua tim belum pernah kalah sejak fase grup. Spanyol lolos ke semifinal setelah menyisihkan Swiss lewat babak adu penalti. Sementara, Italia menyingkirkan Belgia dengan skor 2-1.

Jadwal Semifinal Euro 2020:

– Italia vs Spanyol

Rabu, 7 Juli 2021
Pukul 02.00 WIB
Stadion: Wembley

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...