Home > Copa America > Emiliano Martinez, Cadangan 11 Tahun di Arsenal Antar Messi Juara Copa America 2021

Emiliano Martinez, Cadangan 11 Tahun di Arsenal Antar Messi Juara Copa America 2021

Jalan karir Emiliano Martinez bisa dikatakan cukup unik. 10 tahun dia menjadi kiper cadangan di Arsenal. Satu musim setelah pindah, Martinez langsung berada di top level dan meraih juara Copa America 2021. Argentina menjadi juara Copa America 2021. Argentina juara setelah mengalahkan Brasil pada pertandingan final yang diadakan di Stadion Maracana, Minggu (11/7/2021) pagi WIB.

Argentina menang dengan skor 1-0 atas Brasil. Gol tunggal Albiceleste dicetak Angel Di Maria pada menit ke-22. Di Maria mencetak gol lewat tendangan lop yang indah, setelah menerima umpan brilian dari Rodrigo De Paul. Martinez bermain untuk Aston Villa pada musim 2020/2021 ini. Dia dibeli dari Arsenal dengan harga 18 juta euro.

Martinez sejatinya sudah cukup lama bermain di Arsenal. Arsene Wenger membawanya ke London pada 2010 lalu. Setelah dua tahun bermain di tim junior, Martinez menembus tim utama Arsenal walau tidak bermain reguler. Tapi, sepanjang karirnya di Arsenal, Martinez lebih sering jadi kiper cadangan. Bahkan, dia sempat dipinjamkan ke Oxford United, Sheffield Wednesday, Rotherham United, Wolves, Getafe, dan Reading.

Martinez tampil bagus untuk Arsenal pada akhir musim 2019/2020 lalu. Ketika Benrd Leno mengalami cedera, dia menjadi andalan Mikel Arteta. Gelar juara Piala FA yang diraih Arsenal tidak lepas dari aksi gemilang Martinez. Tapi, Martinez memilih berpisah . . . Gabung . . . dengan Arsenal. Tidak ada jaminan akan menjadi kiper utama membuat Martinez menerima tawaran pindah ke Arsenal. Martinez pun sudah membuat surat perpisahan dengan Arsenal.

“Kami memutuskan ini dengan keluarga, setelah 11 tahun di klub, Anda bekerja 10 tahun dengan sangat keras, Anda akan pergi melalui pintu depan hari ini,” tulis Martinez di Instagram.

Sejak pindah dari Arsenal, karir Martinez memasuki fase baru. Dia tidak lagi menjadi kiper kedua atau ketiga, seperti yang terjadi di Arsenal selama lebih dari satu dekade. Martinez menjadi pilihan utama di bawah mistar Aston Villa. Dia pun kemudian menjadi pilihan pertama di Arsenal. Martinez punya andil besar atas trofil Copa America 2021 yang diraih Argentina, trofi pertama Lionel Messi di timnas. Martinez tampil gemilang pada pertandingan semifinal, lawan Kolombia.

Martinez jadi bintang pada babak adu penalti. Pada pertandingan final, Martinez pun tampil heroik. Pada menit-menit akhir babak kedua, Martinez melakukan penyelamatan atas peluang Gabriel Barbosa. Aksi ini memastikan Argentina menang 1-0 dan juara. Dan, setelah 11 tahun jadi cadangan di Arsenal, Martinez hanya butuh satu tahun untuk berada di puncak karirnya bersama Argentina.

x

Check Also

Copa America 2021 Menjadi Bukti Messi Masih Manusia Yang Bisa Terpeleset Dan Gagal Bikin Gol Mudah

Timnas Argentina-nya Lionel Messi menobatkan diri sebagai kampiun Copa America 2021 setelah mengalahkan tuan rumah ...