Home > Berita Liga Spanyol > Dalam 20 Hari Inilah Sederet Masalah Yang Harus Diselesaikan Barcelona

Dalam 20 Hari Inilah Sederet Masalah Yang Harus Diselesaikan Barcelona

Pada 16 Agustus 2021 adalah tanggal di mana Barcelona melangkahkan kaki untuk menyusuri musim 2020/21. Mereka punya banyak sekali masalah yang harus segera dipecahkan sebelum tanggal itu. Tumpukan masalah yang dihadapi Barcelona dimulai pada bulan Maret tahun 2020 lalu. Saat itu, dunia sepak bola harus berhenti sejenak karena pandemi Covid-19 di Eropa sulit dikontrol.

Kompetisi hanya berhenti selama beberapa bulan saja, tapi itu cukup membuat klub papan atas berteriak. Termasuk Barcelona yang melaporkan kerugian lebih dari satu milyar euro dikarenakan minimnya pemasukan dari tiket penonton dan sponsor. Barcelona sampai berulang kali memohon kepada para pemain untuk rela memangkas gajinya. Untungnya, kesepakatan bisa tercapai dan Barcelona bisa terus berjalan. Sayangnya, masalah raksasa Spanyol itu terus menumpuk.

Marca memberikan pandangan seputar lima masalah yang harus segera dipecahkan Barcelona sebelum kompetisi dimulai. Masalah utama yang dihadapi Barcelona adalah salary cap. La Liga menetapkan regulasi ala Financial Fair Play yang membatasi beban gaji setiap pesertanya. Aturan itu harus dipenuhi atau klub yang bersangkutan tidak bisa mendaftarkan pemain barunya untuk musim baru.

La Liga mengubah batas gaji secara berkala menyesuaikan biaya pengeluaran dan pemasukan klub. Barcelona, disebabkan kerugian yang cukup besar, mengalami penurunan batas gaji yang cukup drastis. Begitu juga dengan rivalnya, Real Madrid.

Marca mengetahui kalau Barcelona harus memangkas beban gaji sampai 100 juta euro, yang bisa tercapai dengan menjual Antoine Griezmann dan Philippe Coutinho. Sedihnya, dua pemain ini sepi peminat. 20 hari untuk merampungkan penjualan mereka kelihatan seperti misi yang mustahil.

Selain menjual pemain yang tidak dibutuhkan, Barcelona juga harus meminta kerelaan pemainnya untuk kembali menerima pemangkasan gaji. Beberapa dari mereka memang mengantongi dana yang cukup berlimpah selama memperkuat Barcelona.

Lionel Messi sepertinya akan menjadi pemain pertama yang mau menerima pemotongan gaji di Barcelona – andai berhasil didapatkan kembali. Dari laporan, diketahui kalau pemain asal Argentina itu bersedia memangkas gajinya sampai 50 persen.

Manajemen Barcelona berharap ini bisa menjadi ‘menyentil’ pemain bergaji tinggi lain seperti Gerard Pique, Sergio Busquets, Sergi Roberto dan Jordi Alba. Tapi sejauh ini, keempat nama itu masih berdiam di tempatnya.

Nama Lionel Messi disebutkan berulang kali. Ya, Messi adalah sumber pundi-pundi uang sekaligus prestasi buat Barcelona. Membiarkannya pergi . . . Gabung . . . secara gratis di musim panas ini akan menjadi kesalahan besar.

Seperti yang diketahui, kontrak Messi bersama Barcelona resmi berakhir pada tanggal 1 Juli 2021 lalu. Walaupun sang pemain diketahui mau bertahan, dan Barcelona ingin mempertahankan, Messi tetap berstatus tanpa klub sampai kontrak ditandatangani.

Laporan terakhir mengatakan kalau Messi siap menerima proposal dari Barcelona, bahkan rela gajinya dipangkas. Tapi, tidak ada gunanya buat Messi untuk membubuhkan tanda tangan di kontrak baru kalau masih belum ada ruang dalam anggaran gaji klub.

Barcelona sudah mendapatkan empat pemain baru – yang terancam tidak bisa didaftarkan ke dalam skuat karena salary cap. Sialnya lagi, ada celah di lini tengah yang harus segera ditambal klub besutan Ronald Koeman itu.

Sebenarnya, masalah itu bisa diselesaikan dengan merekrut Georginio Wijnaldum dari Liverpool. Pemain asal Belanda itu memang bisa didapatkan secara gratis mengingat kontraknya bersama the Reds selesai di tahun 2021 ini. Sayang Barcelona kalah saing dengan PSG. Wijnaldum lebih memilih pindah ke Prancis daripada bermain bersama Sergio Busquets dkk. Ini menjadi masalah besar buat Barcelona karena pemain gratisan yang tersedia di bursa transfer semakin menipis.

Beberapa pemain penting Barcelona tidak terlihat dalam sesi latihan pra-musim. Mereka absen karena berbagai alasan. Ada yang diberi kesempatan libur karena baru membela negaranya di ajang internasional, dan ada juga yang belum pulih dari cedera. Coutinho, Ansu Fati, dan Marc-Andre Ter Stegen masuk ke dalam daftar pemain Barcelona yang sedang menjalani masa pemulihan. Belum diketahui secara pasti apakah ketiganya bisa tampil dalam pertandingan perdana La Liga untuk musim 2021/22 nanti.

Sergio Aguero, Emerson dan Messi belum terlihat dalam sesi latihan karena baru memperkuat Timnas Argentina dan Brasil di ajang Copa America 2021. Sementara Eric Garcia, Oscar Mingueza, dan Pedri absen karena sedang memperkuat Timnas Spanyol di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

x

Check Also

Mulai Lagi, Presiden LaLiga, Javier Tebas Kembali Lontarkan Kritikan Tajam Ke PSG

Spanyol – Kritikan tajam kembali dilontarkan oleh presiden LaLiga, Javier Tebas kepada Paris Saint-Germain (PSG). ...