Home > Berita Euro > Bukayo Saka Diserang Komentar Rasis Pasca Gagal Penalti, Arsenal Pasang Badan

Bukayo Saka Diserang Komentar Rasis Pasca Gagal Penalti, Arsenal Pasang Badan

London – Pemain muda Arsenal yang saat ini membela Timnas Inggris, Bukayo Saka, mendapatkan serangan berupa komentar rasis setelah sang pemain gagal menjadi eksekutor penalti di babak final Euro 2020.

Sebelumnya, Timnas Inggris kalah dari Italia dengan skor 2-3 dalam babak penalti di laga final Euro 2020, yang digelar di Stadion Wembley, London, pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Dua penendang penalti senior Timnas Inggris, Harry Kane dan Harry Maguire, sukses menyelesaikan tugasnya sebagai eksekutor.

Namun tiga pemain muda The Three Lions, yakni Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka, gagal mengemban tugas itu.

Bukayo Saka sendiri pada adu penalti tersebut maju sebagai penendang kelima bagi Timnas Inggris. Namun sayang, tendangan Bukayo Saka ditepis kiper Italia, Gianluigi Donnarumma.

Tidak lama setelah kegagalan itu, akun media sosial pemain berusia 18 tahun ini langsung dipenuhi dengan komentar kekecewaan bernada rasis.

Situasi ini membuat Arsenal sebagai klub yang menaungi Bukayo Saka, ikut angkat bicara dan mengutuk komentar-komentar rasis ini.

Sebaliknya, Arsenal justru sangat bangga karena pemain mudanya bisa mewakili Inggris di laga sekelas Piala Eropa.

“Saka telah bersama kami sejak dia berusia tujuh tahun dan klub sangat bangga melihatnya mewakili Inggris sepanjang turnamen. Anda bisa merasakannya di . . . Gabung . . . seluruh klub,” tulis Arsenal, Senin (12/7/2021).

“Tadi malam, kami bangga menyaksikan kepemimpinan dan karakter bermain pada Saka. Namun, perasaan bangga ini dengan cepat berubah menjadi kesedihan atas komentar rasis yang dilontarkan kepada pemain muda kami di platform media sosialnya setelah peluit berakhir,” lanjut pernyataan resmi Arsenal.

Arsenal kemudian meminta kepada pihak berwenang untuk menindaklanjuti kasus ini agar hal tersebut tidak terus berulang menimpa para pemain sepak bola berkulit hitam lainnya.

“Sekali lagi, kami sedih. Kami harus mengatakan bahwa kami mengutuk rasisme sejumlah pemain kulit hitam. Ini harus dihentikan dan pihak berwenang harus bertindak untuk memastikan pelecehan menjijikkan yang dialami pada pemain kami sekarang,” tegas pernyataan Arsenal.

Bukayo Saka sendiri telah empat kali turun membela Timnas Inggris di ajang Euro 2020 ini, dengan catatan satu assist.

x

Check Also

Spinazzola Protes Kenapa Nama Chiellini Tidak Masuk Dalan Tim Terbaik Euro 2020

Leonardo Spinazzola, Bek kiri Italia, mengaku tetap kurang puas walau namanya masuk dalam tim terbaik ...