Home > Berita Euro > Biang Kekalahan Spanyol, Morata Cedera Tapi Maksa Ambil Pinalti

Biang Kekalahan Spanyol, Morata Cedera Tapi Maksa Ambil Pinalti

Kegagalan Alvaro Morata mengeksekusi penalti menandai akhir kiprah Spanyol di Euro 2020. Di balik momen krusial itu, menurut pelatih Luis Enrique, Morata memaksakan diri walau sedang cedera. Spanyol berjumpa Italia pada pertandingan semifinal Euro 2020, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.
Spanyol dan Italia bermain imbang 1-1 pada waktu normal dan tambahan waktu. Pertandingan di Wembley pun dilanjutkan ke adu penalti.

Pada fase ini, dua penendang Spanyol gagal. Sedangkan, di kubu Italia, hanya Manuel Locatelli yang gagal. Spanyol akhirnya kalah dengan skor 4-2. Spanyol harus melihat Italia berpesta karena lolos ke final Euro 2020. Morata memulai pertandingan dari bangku cadangan. Morata dimainkan pada menit ke-62, dua menit setelah gawang Spanyol kebobolan.
Morata pun membuat serangan Spanyol lebih tajam. Dia kemudian mencetak gol pada menit ke-60.

Pada babak adu penalti, Morata jadi penendang keempat Spanyol. Saat itu, kedudukan adalah 3-2. Morata gagal. Tendangannya ditepis Donnarumma. Setelah itu, Jorginho sebagai penendang kelima Italia sukses. Skor akhir menjadi 4-2. Enrique mengatakan kalau Morata sebenarnya tidak dalam kondisi 100 persen.
Pemain Juventus itu mengalami cedera. Tapi, Morata yang meminta untuk mengambil penalti. Enrique kemudian memberi izin . . . Gabung . . . padanya.

“Morata memiliki masalah adduktor tapi masih ingin mengambil penalti, dan itu sangat penting untuk kepribadiannya. Dia sangat penting bagi kami di turnamen ini,” kata Enrique.

Selain Morata, ada juga Dani Olmo yang gagal menendang penalti. Menurut Enrique, kegagalan itu tidak mengubah pandangannya pada Olmo. Enrique merasa pemain RB Leipzig itu sudah bermain sangat bagus di Euro 2020.

“Dani Olmo adalah pemain yang sangat penting bagi kami dan saya pikir dia sangat spesial,” puji Enrique.

“Dani Olmo luar biasa hari ini. Saya ingin mengambil seorang pemain dari bek tengah Italia dan itulah yang dilakukan Olmo. Dia sangat cerdas, sangat pintar dalam sepak bolanya. Yang kurang dari kami hanyalah penyelesaian akhir dari peluang hebat yang kami ciptakan,” kata Enrique.

x

Check Also

Chiellini

Apa Benar Buyako Saka Dikutuk Chiellini Sehingga Gagal Pinalti

Giorgio Chiellini, Kapten Italia, bisa jadi ikut berperan dalam kegagalan bintang muda Inggris, Bukayo Saka ...