Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona Resmi Minta Maaf Atas Ucapan Rasialis Dua Pemainnya

Barcelona Resmi Minta Maaf Atas Ucapan Rasialis Dua Pemainnya

Akhir-akhir ini, Barcelona kembali diterpa isu tidak sedap soal tingkah laku para pemainnya. Belum selesai dengan masalah gaji dan utang, Barcelona sekarang diterpa kasus rasialisme yang dilakukan oleh dua pemainnya. Dua pemain yang diduga melakukan aksi rasialisme itu adalah Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele. Kasus itu terkuak setelah belakangan ini ada video viral yang diambil pada 2019 silam.

Dalam video itu, kelihatan Griezmann dan Dembele sedang menunggu tiga teknisi asal Jepang yang sedang membetulkan televisi di kamar hotel mereka. Tapi, Dembele diduga mengeluarkan ujaran yang bernada mengejek tiga teknisi asal Jepang itu.

“Semua wajah jelek ini, hanya agar Anda bisa bermain PES (Pro Evolution Soccer). Apakah Anda tidak malu?” kata suara dalam video itu, yang diklaim suara Dembele, kepada Griezmann.

“Bahasa terbelakang macam apa itu? Apakah Anda berteknologi maju di negara Anda atau tidak?” kata Dembele lagi.

Video itu sontak membuat sejumlah pihak, khususnya para penggemar sepak bola di Jepang geram. Bahkan, CEO Rakuten, perusahaan asal Jepang yang merupakan sponsor utama klub, ikut tersinggung dan marah dengan video itu.

Melihat respons masif di media sosial dan beberapa mitranya, Barcelona pun akhirnya buka suara. Dilansir dari Marca, Barcelona mengeluarkan pernyataan resmi yang berisi soal permintaan maaf mereka kepada para penggemar di Jepang dan Asia. Barcelona menyebut sikap yang ditunjukkan Griezmann dan Dembele tidak sesuai dengan nilai-nilai klub. Blaugrana juga berniat untuk terus memberikan edukasi soal masalah ras dan diskriminasi kepada seluruh anggota klub.

“FC Barcelona sangat menyesalkan ketidaksenangan di antara penggemar Jepang dan Asia, dan mitra Klub kami yang disebabkan oleh video yang muncul beberapa hari yang lalu di media sosial, di mana dua pemain tim utama, Ousmane Dembele dan Antoine Griezmann, menunjukkan kurangnya rasa hormat dalam sikap mereka. Sikap . . . Gabung . . . terhadap beberapa karyawan di hotel tempat mereka menginap,” bunyi pernyataan Barcelona.

“Sikap ini sama sekali tidak sesuai dengan nilai-nilai yang diwakili dan dipertahankan oleh FC Barcelona.”

“Nilai-nilai Klub dan mitranya harus menjadi sesuatu yang dilindungi FC Barcelona, ​​dan keyakinan ini hadir di semua tingkat organisasi, mulai dari Dewan Direksi dan eksekutif hingga para pemain di berbagai tim olahraga Klub.”

“Klub berkomitmen untuk meningkatkan edukasi tentang masalah ras, diskriminasi, dan keragaman. Di FC Barcelona tidak ada tempat untuk rasialisme atau diskriminasi.”

“FC Barcelona ingin meminta maaf secara terbuka kepada semua penggemar dan mitra Klub yang merasa tidak senang dengan acara ini dari musim panas 2019, saat tanggung jawab Klub jatuh ke Dewan Direksi dan tim eksekutif sebelum saat ini.”

“Dewan Direksi yang saat ini mengelola Klub berkomitmen untuk memastikan hal seperti ini tidak terulang.”

“Para pemain sudah menunjukkan penyesalan mereka dan sudah meminta maaf kepada penggemar dan mitra Jepang, sesuatu yang dihargai oleh Klub.”

“Walau begitu, FC Barcelona berhak untuk mengambil tindakan internal yang dianggap tepat,” lanjut pernyataan Barcelona.

Tidak hanya Rakuten, Konami yang juga menjadi mitra Barcelona ikut marah dengan video itu. Bahkan, Konami memutuskan untuk membatalkan kontrak mereka dengan Griezmann. Griezmann dan Dembele kabarnya sudah meminta maaf soal masalah video yang menimpa mereka itu. Video itu diambil saat Barcelona melakukan tur pramusim 2019 di Jepang.

 

x

Check Also

Luis Suarez

Luis Suarez Dan Antoine Griezmann Nihil Gol, Atletico Madrid Kalah Dari Deportivo Alaves Dengan Skor Akhir 0-1

Madrid – Atletico Madrid harus menyerah di markas klub dasar klasemen, Deportivo Alaves di Stadion ...