Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona Mendapat Dana Segar Dari Pemain Yang Dijual Musim Lalu

Barcelona Mendapat Dana Segar Dari Pemain Yang Dijual Musim Lalu

Barcelona saat ini sedang dilanda krisis keuangan cukup parah. Klub yang sekarang dipimpin Joan Laporta itu memiliki utang dan tagihan gaji tertinggi di Eropa. Kondisi itu memaksa Barcelona untuk melakukan restrukturisasi keuangan klub. Berbagai langkah pun sudah dilakukan Barcelona agar bisa keluar dari krisis itu seperti menjual pemain, melepas pemain yang sudah habis kontraknya, sampai memangkas gaji para pemain.

Barcelona sendiri mati-matian berusaha keluar dari krisis ini karena Lionel Messi serta empat rekrutan anyar pada bursa transfer musim panas 2021 yaitu Memphis Depay, Sergio Aguero, Eric Garcia, dan Emerson Royal menjadi taruhannya. Kalau Barcelona tidak bisa menyelesaikan krisis keuangan, setidaknya menyanggupi syarat batas gaji La Liga yang berjumlah 382,7 juta euro (sekitar Rp6,5 triliun), maka kelima pemain di atas tidak bisa didaftarkan ke skuad untuk kompetisi Liga Spanyol musim 2021-2022.

Baca Juga : Kasihan Sekali Nasib Griezmann, Tidak Laku di Inggris

Anggaran gaji Barcelona pada musim 2019-2020 sendiri mencapai 671 juta euro (Rp 11,5 triliun), yang berarti mereka sekarang harus memangkas pengeluaran untuk upah pemain sekitar 289 juta euro (sekitar Rp4,9 triliun).

Di saat krisis Barcelona belum menemui jalan keluar, Blaugrana mendapat sebuah angin segar soal keuangan. Dilansir dari Marca, Barcelona bisa saja mendapat dana segar pada musim panas tahun ini dari pemain yang mereka lepas pada tahun lalu, Rafinha. Seperti . . . Gabung . . . diketahui, pada bursa transfer musim panas 2020, Barcelona melepas Rafinha secara cuma-cuma ke PSG.

Setelah pindah ke PSG, Rafinha kesulitan menembus tim inti dan hanya dimainkan sebagai starter dalam 18 pertandingan di berbagai ajang musim 2020-2021. Sekarang, PSG kabarnya berencana melepas Rafinha dan sudah ada beberapa klub yang tertarik menampungnya. Mulai dari Aston Villa, AC Milan, sampai Lazio dilaporkan tertarik dengan pemain berusia 28 tahun itu.

PSG pun bersedia melepas Rafinha di angka 10 juta euro (sekitar Rp170 miliar). Dari penjualan Rafinha yang dilakukan PSG inilah Barcelona bisa mendapat dana segar. Pasalnya, dalam kontrak Rafinha, terselip klausul yang mengatakan Barcelona bakal menerima 35 persen dari penjualan Rafinha pada masa mendatang.

Kalau PSG sukses menjualnya di angka 10 juta euro, praktis Blaugrana akan mendapat bagian sebesar 3,5 juta euro (sekitar Rp59 miliar). Memang, uang 3,5 juta euro tidak bisa langsung menyelesaikan krisis finansial Barcelona. Tapi, hal itu dapat membantu Barcelona mengatasi situasi keuangan yang sulit seperti sekarang.

x

Check Also

Sebulan Kedepan Barcelona Akan Kehilangan Gerard Pique

Barcelona, Klub raksasa LaLiga Spanyol, baru saja menerima kabar buruk mengenai kondisi cedera dari bek ...