Home > Berita Bola > Bola Internasional > 10 Kiper Dengan Catatan Cleansheet Terbanyak di Olimpiade

10 Kiper Dengan Catatan Cleansheet Terbanyak di Olimpiade

Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya dimulai setelah tertunda setahun akibat pandemi Covid-19. Pada ajang ini, sepak bola masih menjadi salah satu daya tarik utama. Sebagaimana lazimnya ajang sepak bola, gol lah yang menjadi perhatian pada gelaran cabang olahraga sepak bola Olimpiade Bukan hanya bagaimana dan berapa banyak gol dicetak, tapi juga bagaimana gol dicegah.

Bukan hanya kepada barisan penyerang, perhatian juga akan tertuju kepada para penjaga gawang yang tampil heroik di bawah mistar gawang. Sejarah mencatat ada sejumlah kiper yang sukses menjaga gawang mereka tetap perawan di tengah gempuran lawan. Bahkan, ada juga penjaga gawang yang mampu mencetak cleansheet dalam banyak pertandingan dengan tensi tinggi.

Siapa saja para penjaga gawang yang sukses mencetak cleansheet selama tampil pada ajang Olimpiade?

Istvan Geczi

Urutan kesepuluh dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan catatan cleansheet terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade ditempati Istvan Geczi. Penjaga gawang Hungaria ini tampil ciamik pada Olimpiade 1972 . Bermain dalam tujuh pertandingan, Geczi sukses menjaga gawangnya tidak kebobolan pada empat pertandingan.

Shuichi Gonda

Shuichi Gonda menempati posisi sembilan dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan catatan cleansheet terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade. Kiper asal Jepang ini tampil 540 menit pada Olimpiade 2012. Pada enam pertandingan itu, Gonda sukses menjaga gawangnya cleansheet dalam empat pertandingan.

Karoly Fater

Peringkat kedelapan dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan catatan cleansheet terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade ditempat Caroly Fater. Kiper asal Hungaria ini sempat tampil sekama 527 menit pada Olimpiade 1968. Pada enam pertandingan itu, Fater sukses menjaga gawangnya tidak kebobolan dalam empat pertandingan.

Sergio Romero

Sergio Romero menempati posisi tujuh dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan catatan cleansheet terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade. Kiper asal Argentina itu sempat tampil 286 menit pada Olimpiade 2008. Kiper yang sempat berseragam Manchester United ini sukses menjaga gawangnya tidak kebobolan dalam empat pertandingan pada ajang itu.

Juergen Croy

Peringkat keenam dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan catatan cleansheet terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade ditempati Juergen Croy. Kiper asal Jerman . . . Gabung . . . Barat ini sempat tampil 1070 menit pada Olimpiade 1972. Croy sukses menjaga gawangnya tidak kebobolan dalam lima dari 12 pertandingan yang dijalaninya.

Renan

Renan berada di urutan kelima dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan catatan cleansheet terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade. Penjaga gawang asal Brasil ini tampil 540 menit pada Olimpiade 2008. Pada ajang itu, Renan sukses mengawal gawangnya tidak kebobolan dalam lima dari enam pertandingan yang dijalaninya.

Toni Jimenez

Peringkat keempat dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan catatan cleansheet terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade ditempati Toni Jimenez. Kiper asal Spanyol ini sempat bermain 540 menit pada Olimpiade 1992. Pada ajang itu, Jimenez sukses mengawal gawangnya tidak kebobolan dalam lima dari enam pertandingan yang dijalaninya.

Stanislav Seman

Seman menempati posisi tiga dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan catatan cleansheet terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade. Kiper asal Cekoslovakia ini sempat tampil 540 menit pada Olimpiade 1980. Dalam ajang itu, Seman sukses mengawal gawangnya tidak kebobolan dalam lima dari enam pertandingan yang dijalaninya.

Weverton

Peringkat kedua dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan catatan cleansheet terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade ditempati oleh Weverton. Penjaga gawang asal Brasil ini sempat tampil 540 menit pada Olimpiade 2016. Dalam gelaran itu, Weverton sukses menjaga gawangnya tidak kebobolan dalam lima dari enam pertandingan yang dijalaninya.

German Lux

Urutan pertama dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan catatan cleansheet terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade ditempati oleh German Lux. Kiper Argentina inisempat tampil 540 menit pada Olimpiade 2004. Dalam ajang itu, Lux sukses menjaga gawangnya tidak kebobolan dalam enam dari enam pertandingan yang dijalaninya.

x

Check Also

Prediksi Belanda vs Montenegro, 5 September 2021, Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jakarta – Dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grip G, Minggu (5/9/2021) ...