Home > Berita Euro > Timnas Italia Sekarang Sudah Berbeda, Lebih Enak Ditonton

Timnas Italia Sekarang Sudah Berbeda, Lebih Enak Ditonton

Timnas Italia terkenal dengan pendekatan bermain yang terlalu bertahan. Sehingga banyak orang merasa sulit untuk menikmati permainan Timnas Italia dalam pentas internasional. Namun Marcello Lippi percaya kalau Gli Azzurri telah berubah.

Ada dua aspek penting dalam dunia sepak bola yang didewakan dalam Budaya sepak bola Italia yaitu: taktik dan pertahanan. Jauh berbeda dengan Inggris yang mengusung permainan cepat dengan sebutan Kick ‘n Rush.

Perpaduan taktik dan fokus pada pertahanan ini menghasilkan karakter permainan khusus untuk Italia yang dikenal dengan sebutan ‘Catenaccio’. Karena itu juga, mereka bisa berjaya di pentas bergengsi seperti Piala Dunia.

Sisi positif Catenaccio lainnya adalah Italia bisa menjadi produsen bek-bek handal. Sebut saja Franco Baresi, Paolo Maldini, hingga Alessandro Nesta. Itu semua bisa didapatkan dengan mengorbankan permainan yang atraktif.

Baca Juga : Inilah Para Pemain Tua Yang Pernah Ikut Pagelaran Euro

Sekarang Italia terlihat jauh berbeda. Pelatih mereka saat ini, Roberto Mancini, memiliki pengalaman bermain di luar negeri seperti Inggris. Berbekal itu, ia mengubah wajah permainan Italia menjadi lebih atraktif dan menarik.

Perubahan itu sangat terlihat jelas di mata pelatih yang pernah menyumbang gelar Piala Dunia untuk Italia pada tahun 2006 lalu, Marcello Lippi. Ia mengaku . . . Gabung . . . bisa menikmati permainan Azzurri di bawah asuhan Mancini.

“Saya sangat menyukai tim ini, terutama semangat yang diciptakan oleh Mancini. Pekerjaan yang bagus dari Roberto,” ungkap Lippi kepada Il Messaggero.

“Permainan Italia indah untuk disaksikan, saya mengikuti dan menikmati mereka. Pendekatan para pemain dalam laga uji coba juga tepat, mereka selalu menginginkan kemenangan,” lanjutnya.

Lippi percaya kalau Italia mampu keluar sebagai pemenang dalam pentas Euro 2020. Walaupun ia tidak melihat adanya kesamaan dengan timnya yang dulu memenangkan Piala Dunia 2006.

“Tidak, mereka berbeda jauh. Tapi itu tidak ada artinya, seperti yang telah didemonstrasikan oleh Mancini dalam tiga tahun masa kepelatihannya. Pemain punya karakteristik yang tepat untuk menjadi protagonis,” pungkas Lippi.

Italia menutup masa persiapannya dengan kemenangan telak 4-0 atas Republik Ceko akhir pekan kemarin. Mereka bakalan menjadi sajian pembuka Euro 2020 pada hari Sabtu (12/6/2021) mendatang dengan Timnas Turki sebagai lawannya.

x

Check Also

Spinazzola Protes Kenapa Nama Chiellini Tidak Masuk Dalan Tim Terbaik Euro 2020

Leonardo Spinazzola, Bek kiri Italia, mengaku tetap kurang puas walau namanya masuk dalam tim terbaik ...