Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia Dipastikan Masuk Playoff Piala Asia 2023

Timnas Indonesia Dipastikan Masuk Playoff Piala Asia 2023

Jakarta – Timnas Indonesia dipastikan masuk ke babak playoff Piala Asia 2023, bersama sejumlah tim yang menjadi juru kunci di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Selain Indonesia, ada pula Guam, Taiwan, Kamboja, dan Sri Lanka.

Pada babak playoff Piala Asia ini nantinya akan diikuti oleh 12 tim, yang terdiri dari 4 tim peringkat keempat terburuk dan 8 tim peringkat kelima fase grup (juru kunci Grup A-H).

12 tersebut akan bertanding dalam dua leg, dimana mereka akan memperebutkan sembilan tiket untuk menuju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia.

Tiga tim dengan peringkat terburuk akan ditempatkan di ronde kedua. Selanjutnya di babak ketiga akan ada 24 tim yang dibagi di dalam 6 grup untuk memperebutkan 12 tiket ke Piala Asia. Sementara formatnya akan mirip dengan UEFA Nations League.

Tim yang kalah di ronde pertama playoff masih memiliki kesempatan untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia, namun sebelumnya harus menghadapi tiga tim yang sudah menunggu di ronde kedua.

Sementara itu, tim-tim yang gagal di ronde kedua akan bermain di AFC Solidarity Cup, turnamen untuk negara-negara yang tersingkir di kualifikasi Piala Dunia/Piala Asia.

Piala Asia 2023 nantinya akan dimulai pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023 di China.

“Edisi yang akan datang dari . . . Gabung . . . turnamen tim nasional unggulan Asia (Piala Asia 2023) akan berlangsung di China dari 16 Juni hingga 16 Juli 2023, di sepuluh kota setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Komite Penyelenggara Lokal ( LOC) mengonfirmasi keputusan tersebut hari ini,” demikian pernyataan resmi AFC.

Menurut keterangan Sekretaris Jenderal AFC, Dato Windsor John, Piala Asia 2023 mendatang akan menjadi gelaran Piala Asia yang terbesar sepanjang sejarah.

“Piala Asia AFC terus bertumbuh dalam status dan prestise, dengan setiap edisi melampaui semua ekspektasi. Kami yakin bahwa turnamen yang akan datang di China akan menjadi yang terbesar dan terhebat dalam sejarah sepak bola Asia,” kata Dato Windsor.

Sementara itu, Timnas Indonesia masih harus menyelesiakan satu laga lagi di Kualifikasi Piala Dunia Grup F Zona Asia, yakni melawan Uni Emirate Arab pada Jumat (11/6/2021) malam pukul 23.45 WIB.

x

Check Also

Timnas Indonesia Baru Bisa Gunakan Jakarta International Stadium Mulai 9 September

Jakarta – Jakarta International Stadium (JIS) akan segera dibuka secara resmi pada 9 September mendatang. ...