Home > Berita Liga Champions > Tepat 6 Tahun Lalu Hari Ini, Barcelona Terakhir Juara Liga Champions

Tepat 6 Tahun Lalu Hari Ini, Barcelona Terakhir Juara Liga Champions

Hari ini 6 Juni 2015, 6 tahun yang lalu Barcelona mengangkat trofi Liga Champions di bawah bimbingan Luis Enrique. Sedihnya itulah trofi UCL terakhir Barcelona sampai sekarang.

Barca memiliki hubungan pahit-manis dengan Liga Champions. Setiap tahun trofi terbaik inilah yang jadi tolok ukur kesuksesan Barcelona.

Blaugrana sudah lumayan lama berpuasa di Eropa. Lionel Messi terakhir mengangkat trofi tersebut 6 tahun lalu dengan bantuan Xavi, Iniesta, Neymar, dan Luis Suarez.

Di musim itu, Barcelona tergabung dengan PSG, Ajax Amsterdam, dan APOEL di Grup F. Artinya fase grup relatif mudah bagi Barca, mereka memetik 5 kemenangan, hanya satu kali kalah dari PSG.

Barca kemudian berhadapan dengan Manchester City di 16 besar. Seharusnya laga alot, tapi terbukti Barca masih terlalu kuat dengan agregat 3-1.

Barca bertemu PSG lagi di perempat final. Lagi-lagi Barca masih terlalu perkasa dengan kemenangan agregat 5-1.

Barulah di semifinal Barca menghadapi lawan alot Bayern Munchen. Barca menang 3-0 di kandang dan kalah 2-3 di markas Bayern, tapi agregat 5-3 sudah cukup.

Di final, Barca berjumpa dengan Juventus yang punya ambisi besar. Saat itu Juve masih dilatih Massimiliano Allegri dan mereka sudah lama membidik trofi Liga Champions.

Sayangnya, Juve harus mengakui kualitas Barca lebih tinggi satu level. Skor sempat imbang 1-1, tapi pada akhirya Barca juara dengan skor meyakinkan 3-1.

Ketiga gol Barca kala itu dicetak oleh Ivan Rakitic, Luis Suarez, dan Nyemar. Satu-satunya gol Juve datang dari Alvaro Morata.

Jika mengamati jalannya pertandingan, Juve membuat kesalahan taktik dengan memilih bermain defensif.

Dengan kemenangan di final UCL tahun itu, Barca adalah klub pertama di Eropa yang bisa meraih treblewinners dua kali. Di musim itu Barca juga menjuarai La Liga dan Copa del Rey.

Di sisi lain, Juve jadi tim pertama yang kalah di enam final eropa secara beruntun. Impian Juve lagi-lagi gagal terwujud dan statusnya masih sama sampai sekarang.

Selain itu, UCL 2015 juga menelurkan tiga top scorer dengan jumlah gol yang sama: Neymar, Messi, dan Ronaldo.

Laga terakhir Xavi

Trofi UCL 2015 itu menariknya juga menjadi persembahan terakhir Xavi untuk Barcelona. Setelahnya dia memutuskan pergi dari Barca dan melanjutkan kariernya di Qatar.

Kala itu Xavi baru bermain di menit ke-78. Dia punya kesempatan beberapa menit untuk menyampaikan salam perpisahan pada fans plus mengangkat trofi UCL.

x

Check Also

Thomas

Tuchel Akui Chelsea Masih Dipandang Sebelah Mata Lawan Man City

London – Thomas Tuchel angkat bicara menjelang laga final Liga Champions. Manajer Chelsea itu menilai ...