Home > Berita Transfer Pemain > Tak Terpakai, Coutinho Akan Dijual ke Prancis

Tak Terpakai, Coutinho Akan Dijual ke Prancis

Barcelona benar-benar sedang merombak skuad mereka secara besar-besaran. Di bawah pemerintahan presiden anyar, Joan Laporta, Barcelona memulai melakukan misi persiapan musim 2021-2022. Sebelumnya, Barcelona sudah mendatangkan tiga pemain anyar, yakni Sergio Aguero, Eric Garcia, dan Emerson Royal. Aguero dan Garcia didatangkan dari Manchester City dengan status bebas transfer.

Sementara itu, Emerson didatangkan dari Real Betis dengan mengaktifkan klausul buy back senilai 9 juta euro atau sekitar Rp 156 miliar. Selain mendatangkan banyak pemain anyar, Barcelona juga berencana untuk menjual sejumlah pemain mereka. Salah satu pemain yang kabarnya akan segera dijual Barcelona adalah pemain asal Brasil, Philippe Coutinho.

Coutinho didatangkan Barcelona dari Liverpool pada pertengahan musim 2017-2018 dengan biaya sebesar 135 juta euro atau sekitar Rp 2,3 triliun). Belum lagi, Liverpool bisa saja mendapatkan tambahan sebesar 40 juta euro kalau beberapa variabel terpenuhi. Tapi, penampilan Coutinho di Barcelona ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi. Pada musim penuh pertamanya bersama Barcelona, yaitu musim 2018-2019, Coutinho hanya mampu mencetak 13 gol dan 5 assist dari 54 penampilan di berbagai ajang.

Penampilan kurang memuaskan itu membuat pemain berusia 28 tahun itu dipinjamkan ke Bayern Muenchen pada musim berikutnya. Coutinho juga hanya tampil sebanyak 38 kali di berbagai kompetisi bersama Bayern Muenchen dan mencetak 11 gol serta 9 assist. Catatan Coutinho yang kurang bagus membuat Bayern Muenchen kurang berminat untuk memberikannya kontrak permanen.

Alhasil, Coutinho pun dipulangkan ke Barcelona. Kelihatannya nasib sial . . . Gabung . . . memang meliputi pemain yang juga sering disebut sebagai anak durhakanya Liverpool itu. Musim 2020-2021, Coutinho harus absen selama paruh musim kedua karena mengalami cedera hamstring dan meniskus lutut selama hampir 6 bulan. Sebutan anak durhaka sendiri disematkan pada Coutinho karena memaksa untuk pergi dari Liverpool sejak awal musim 2017-2018.

Padahal, Liverpool sudah meyakinkan Coutinho untuk tinggal dan menjadi bintang utama di Anfield. Sekarang, masa depan Coutinho di Barcelona semakin tidak jelas dan abu-abu. Dilansir dari Marca, kabar terbaru mengatakan kalau klub Prancis, Olympique Marseille, tertarik untuk mendatangkan mantan gelandang Inter Milan dan Espanyol itu.

Tapi, belum ada penawaran resmi yang diajukan oleh pihak Marseille kepada Barcelona untuk Coutinho. Selain Marseille, Coutinho juga diminati oleh dua klub Liga Inggris, yakni Arsenal dan Everton. Dengan kondisi keuangan Barcelona yang sedang berada dalam krisis saat ini, bukan tidak mungkin Coutinho akan segera cabut dari Camp Nou. Terlebih lagi, Joan Laporta memang sedang ingin mengumpulkan dana segar untuk menutup tagihan gaji dan membeli pemain anyar.

x

Check Also

Romelu Lukaku

Tidak Dapat Haaland, Chelsea Pantang Mundur Kejar Romelu Lukaku

London – Romelu Lukaku ternyata masih masuk dalam daftar incaran Chelsea. Striker Inter Milan tersebut ...