Home > Berita Liga Spanyol > Sebenarnya Apa Untung Barcelona Rekrut Aguero Yang Sudah Tua Dan Cedera

Sebenarnya Apa Untung Barcelona Rekrut Aguero Yang Sudah Tua Dan Cedera

Sergio Aguero resmi bergabung dengan Barcelona yang mendapatkanya secara bebas transfer. Transfer pemain yang sebelumnya membela Manchester City sejatinya punya resiko cukup besar.

Aguero mendapat kontrak dua tahun dari Barcelona. Jika tidak ada masalah di tengah jalan, Aguero akan bertahan di Camp Nou hingga Juni 2023 yang akan datang.

Barcelona kelihatannya cukup serius dalam transfer Aguero, yang merupakan teman dekat Lionel Messi. Salah satu buktinya adalah klausul pelepasan 100 juta euro yang ada pada kontrak Aguero.

Sebenarnya apa sih keuntungan yang didapat Barcelona jika dilihat dari riwayat cedera dan usia yang sudah tua, dan tentu juga pasti ada kerugiannya? Ok, Mari kita simak bersama berikut ini.

Tingkatkan Level

Penampilan Barcelona tidak cukup impresif di lini depan pada musim 2020/2021. Mereka hanya bertumpu melulu pada kejeniusan Lionel Messi untuk memimpin lini depan.

Antonio Griezmann dan Ousmane Dembele tidak tampil konsisten sepanjang musim. Lalu, ada Martin Braithwaite yang jauh di bawah harapan. Dia tidak memberi opsi yang cukup di lini depan.

Dengan kehadiran Aguero setidaknya bisa menaikkan level lini depan Barcelona. Memasang Aguero bisa jadi lebih meyakinkan daripada Braithwaite.

Faktor Lionel Messi

Barcelona mungkin berharap bisa mendapat dua pemain sekaligus dari operasi transfer Aguero. Satu pemain sudah dikantong yakni Aguero sendiri. Satu pemain lainnya adalah Lionel Messi.

Seperti diketahui, kontrak Messi akan habis pada Juni 2021 ini. Messi punya hubungan baik dengan Aguero. Mereka berteman sejak usia belasan. Jadi, mungkin Aguero bisa membuat Messi antusias meneken kontrak baru.

Pengalaman di La Liga

Aguero memang melegenda sebagai pemain Manchester City. Namun, jauh sebelum menjadi mesin gol Man City, Aguero andalah adalan di lini depan Atletico Madrid. Aguero punya catatan yang cukup impresif.

Aguero mencetak 73 gol dari 175 laga di La Liga yang dimainkan di Atletico. Jadi, pengalaman ini bisa menjadi faktor yang sangat penting.

Mentalitas Juara

Barcelona kini sedang membangun tim dengan banyak pemain muda. Pada titik ini, Barcelona butuh sosok juara untuk menjadi contoh di ruang ganti. Aguero adalah figur yang sangat tepat untuk Barcelona.

Aguero bisa menjadi rujukan yang ideal bagi pemain muda seperti Ilaix Moriba, Ansu Fati, atau Pedri yang mulai mendapat tempat di tim utama.

Pemain Nomor 9

Faktor inilah yang menjadi titik lemah Barcelona musim lalu. Barcelona tidak punya . . . Gabung . . . seorang monster di kotak penalti, utamanya karena melepas Luis Suarez ke Atletico Madrid.

Aguero bisa memberi banyak hal untuk Barcelona. Dia adalah pemain yang karakternya yang tepat untuk mengisi lini depan Barcelona. Aguero sangat berbahaya di kotak penalti. Bukan hanya tajam mencetak gol, tetapi juga pergerakan yang sulit ditebak.

Pemain Rapuh

Bukan hanya memberi nilai tambah, Aguero juga bisa jadi bumerang bagi Barcelona. Salah satu faktor yang bisa merugikan klub asal Catalan itu adalah Aguero kini rapuh dan mudah cedera.

Aguero mulai mendapat banyak masalah pada lututnya sejak dua musim lalu. Aguero pun mulai kehilangan performa terbaiknya pada dua musim terakhir di Man City.

Pada musim 2020/2021, Aguero mengalami lima cedera yang berbeda. Aguero hanya tampil pada 12 laga Premier League.

Sudah Tua

Dua hari setelah diumumkan sebagai pemain Barcelona, Aguero akan berusia 33 tahun. Sebagai pemain sepak bola, Aguero bukan lagi pemain muda. Dia sudah berada di senja karirnya.

Faktor usia, ditambah tubuh yang mulai digerogoti cedera, membuat transfer Aguero punya resiko tinggi. Barcelona mungkin punya dua veteran di lini depan, Aguero dan Messi.

Bikin Geng Baru

Barcelona di masa lalu pernah dihadapkan pada kelompok-kelompok kecil di ruang ganti. Tidak semua pemain bersedia membaur satu sama lain di ruang ganti. Aguero bisa jadi mengulang masalah itu.

Jika tidak ditangani dengan baik, bakal ada geng baru di ruang ganti yakni klik Aguero dan Messi. Mereka bisa saja membuat jarak dengan para pemain muda atau pemain lain di Barcelona.

Gaya Bermain

Di Barcelona, hanya ada satu pemain yang dibebaskan dari tugas membantu pertahanan yakni Lionel Messi. Peran seperti itu juga didapat Aguero ketika masih bermain untuk Manchester City.

Ronald Koeman, atau siapa pun yang jadi pelatih Barcelona musim depan, harus waspada dengan faktor ini. Sebab, jika ada dua pemain yang tidak punya beban bertahan, maka Barca hanya punya delapan pemain di lapangan yang bersedia bertahan.

x

Check Also

Laga El Clasico Ini Akan Menjadi Awal Baru Bagi Barcelona Tanpa Lionel Messi

Barcelona – Barcelona akan berlaga di El Clasico pekan ini tanpa Lionel Messi, sedangkan Real ...