Home > Berita Liga Indonesia > Persib Bandung > Robert Alberts Sebut Persib Dapat Pelajaran Berharga Dari Peristiwa Christian Eriksen

Robert Alberts Sebut Persib Dapat Pelajaran Berharga Dari Peristiwa Christian Eriksen

Bandung – Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, menilai ada beberapa pelajaran berharga dari peristiwa jatuh pingsannya gelandang Denmark, Christian Eriksen saat laga lawan Finlandia di ajang Euro 2020, Sabtu (12/6/2021) lalu.

Saat itu, Christian Eriksen bisa tertolong karena sigapnya sang kapten, Simon Kjaer, para petugas medis, dan rekan-rekan Eriksen di Timnas Denmark.

“Yang luar biasa, rekan-rekannya langsung melindungi dan memberi ruang bagi tim medis untuk melakukan tindakan setelah Eriksen mengalami kolaps,” kata Robert Alberts.

Menurut Robert, para pemain Denmark yang lain langsung memagari Eriksen yang saat itu tengah mendapatkan perawatan dari tim medis sehingga pemain lainnya tidak bisa mendekat. Bahkan wartawan pun tidak bisa mengambil gambar karena pagar betis dari rekan-rekan setim Eriksen.

Robert kemudian menyinggung hal yang hampir sama juga dilakukan para pemain Persib Bandung saat laga uji coba melawan Tira Persikabo Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, akhir pekan lalu.

Saat itu, Frets Butuan mendapat terjangan kaki cukup keras dari Gilang Ginarsa, namun baik Gilang maupun Frets sama-sama tidak memperpanjang insiden tersebut.

“Pemain kami tidak bereaksi dengan melakukan kekerasan, pemain kami justru langsung melindungi rekan yang terjatuh, mereka menjauhkan pemain Tira. Lalu tim medis kami masuk lapangan karena bisa saja . . . Gabung . . . itu menjadi cedera yang serius,” ungkap Robert.

“Persib Bandung juga melakukan itu ketika menghadapi Persikabo. Tapi kami juga mengizinkan mereka untuk memasukkan pengganti bagi pemain yang di kartu merah,” ujar Robert.

Menurut Robert, Persikabo seharusnya bermain dengan sepuluh pemain saat laga tersebut, namun Persib mengizinkan Persikabo memasukkan pemain pengganti agar mereka tetap bermain dengan 11 pemain.

“Ini latih tanding jadi kami mengizinkan Tira untuk memasukan pemain lain agar tetap bermain sebelas melawan sebelas. Jadi yang kami lakukan, tidak seperti yang terjadi pada laga Persita melawan Persipura karena di babak kedua laga dihentikan karena terjadi kekerasan,” kata Robert Alberts.

“Maka itu Persib Bandung adalah contoh yang bagus terutama di pramusim. Bukan tentang hasil tapi membangun rasa respek pemain kepada tim lain dan melindungi pemain sendiri,” tambah Robert.

x

Check Also

Gabung Persib Bandung, Marc Klok Jadi Pemain Termahal

Bandung – Mantan gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, resmi ‘menyeberang’ ke Persib Bandung. Kedatangan Marc ...